TERBAIK…Kucing dan Kodok Raksasa Meriahkan Karnaval Desa Kaponan

BNews—PAKIS— Karnaval Budaya dalam rangka memperingati HUT RI di Desa Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang selalu maksimal. Seluruh desa menampilkan karya-karya terbaik untuk dipentaskan keliling desa.

Siang tadi (21/8) untuk kesekian kalinya Karnaval Budaya di Desa Kaponan kembali memukau. 11 Dusun di desa tersebut menampilkan berbagai macam patung raksasa yang diarak keliling desa.

Advertisements


“Ada sebelas desa yang menampilkan karya-karya luar biasa dan selalu ditunggu oleh masyarakat,” kata Kepala Desa Kaponan Sumento, di sela-sela acara.


Berbagai patung raksasa mirip ogoh-ogoh dipamerkan. Mulai dari Naga, Kera, Kuda dan Kodok raksasa dipanggul oleh warga. Kesenian tradisional khas desa setempat juga ditampilkan.


Sebagai pembuka, bendera raksasa merah putih dikibarkan sepanjang jalan. Tua, muda, laki-laki, perempuan semua terlibat dalam semarak kegiatan yang dibuka oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin ini.

Semua potensi yang ditampikan unjuk kebolehan di depan panggung kehormatan di sepanjang Jalan Magelang-Salatiga. Riuh tepuk tangan penonton selalu menggema disetiap penampilan dari 11 dusun tersebut.

TOTALITAS : Parade Budaya Desa Kaponan Pakis selalu menyita perhatian masyarakat. (Foto : istimewa)

Ketua Harian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mul Budi Santoso mengatakan karnaval budaya di Kaponan bisa menjadi ikon yang sangat kuat. Karena setiap tahunnya selalu menghadirkan ide-ide dan kreasi yang berbeda dari masyarakat. “Karnaval ini selalu digarap serius oleh warga. Secara gotong royong,” papar dia.

Tujuannya tidak lain hanya untuk mengisi kemerdekaan RI dengan kreatifitas. Juga untuk mempromosikan potensi seni budaya di Kaponan. (han/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: