Tim Resmob Polres Magelang Kota Bongkar Penipuan Berkedok Bisnis

BNews—MAGELANG—Team Resmob Polres Magelang Kota berhasil mengamankan seorang pelaku penipuan dan penggelapan bisnis jual beli beras. Siasat yang digunakan pelaku adalah membangun kepercayaan kepada rekan sebelum akhirnya melakukan penipuan.

Pelaku tunggal penipuan dan penggelapan ribuan kilogram beras adalah Basuki alias Purnomo, 55, Warga Bekasi, Jawa Barat. Sedang korban Tri Hartanto Nugroho, 39, merupakan warga Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi melalui Kasubbag Humas AKP Sugiyanto mengatakan, modus operandi yang digunakan Basuki adalah memalsu nama samaran menjadi Purnomo. Pelaku kemudian menyewa kios di komplek pertokoan Armada Estate Blok A lalu membuka usaha jual alat listrik dan sembako.

Basuki lantas meminta rekannya Yanto untuk mencarikan penyuplai beras. Didapatlah korban yang bersedia mengedrop dua ribu kilogram atau dua ton beras dengan perjanjian dua minggu lunas.

Setelah usaha pertamanya lancar dan sudah dibayar lunas, pelaku kembali memesan delapan ton beras kepada korban namun hanya disanggupi tiga ton 175 kilogram. Saat ditagih korban, pelaku mengaku meminta tempo waktu untuk pembayaran.

”Dari pengiriman beras gelombang kedua itu, oleh pelaku beras dijual eceran sekitar satu ton dan laku Rp 10 juta. Tapi karena sisanya tidak laku dan beras mulai busuk, pelaku merasa rugi dan kabur,” terang Sugiyanto, Kamis (14/11).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK HANDPHONE KALIAN GRATIS (KLIK DISINI)

Lantaran merasa rugi sekitar Rp 32.585.000 dari beras sejumlah tiga ton 175 kilogram yang belum dibayar pelaku, korban melapor ke pihak kepolisian. Polisi sempat kesulitan mengungkap identitas pelaku namun berkat kerja keras , polisi mampu mengantongi identitas asli hingga akhirnya melakukan pengejaran ke kawasan Subang, Jawa Barat.

”Kami sempat berkoordinasi dengan Polres Bekasi karena pelaku merupakan warga Bekasi. Tetapi ada kabar bila pelaku sedang berada di Subang,” terang Sugiyanto.

Saat ditelusuri ke Subang, pelaku kembali menyewa sebuah ruko di Jalan Perumnas Raya Karanganyar Subang. Pelaku lantas ditangkap Jumat (18/10) sekitar pukul 11.30 WIB.

”Tim Resmob berhasil mengamankan barang bukti beras seberat 24,25 kwintal. Ada juga satu lembar nota asli, satu lembar fotokopi KTP atas nama Purnomo dan uang tunai sebesar Rp 8.050.000,00.

Dalam kasus beras ini, pelaku melanggar Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP, dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun kurungan penjara. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: