Tolong, Kebakaran Hutan Mendekati Candi Selogriyo

BNews–MAGELANG– Kebakaran hutan Gunung Sumbing terus meluas hingga hari ini. Total luas lahan yang terbakar mencapai 10 hektar dan makin mendekati bangunan bersejarah Candi Selogriyo di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.
         “Tidak diketahui pasti penyebab kebakaran hutan. Saya pulang dari Pasar, api sudah membakar semak belukar,” ujar warga sekitar Mbah Sri kemarin.
         Kabar kebakaran hutan segera menyebar dari mulut ke mulut. Petugas gabungan pun memadamkan api dengan peralatan sederhana. Seperti menggunakan sabit, pentung, dan lain sebagainya. Api juga mengancam benda cagar budaya Candi Selogriyo yang berjarak 1 km dari lokasi kebakaran.
        Upaya pemadaman dilakukan dengan menyebar personel. Dua tim dibagi ke sisi utara dan barat. Mobil pemadam kebakaran tidak bisa menuju lokasi karena medan yang sulit. Jalur menuju lokasi kebakaran pun hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Petugas masih perlu berjalan sekitar 1 km dari jalan setapak.
        “Pemadaman dibagi menjadi dua. Satu regu ke utara dan satu lagi ke barat,” jelas Sularso, salah satu petugas pemadaman dari Perhutani.  (yuk)


error: Content is protected !!