Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara? Begini Cara Mengatasinya

BNews—TEKNOLOGI— Voice note merupakan salah satu fitur di WhatsApp yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan suara. Menggunakan fitur ini untuk bertukar pesan tentu lebih praktis dibandingkan harus mengetik tulisan yang panjang.

Namun terkadang fungsi voice note dapat mengalami gangguan, sehingga kita tidak dapat mendengarkan suara yang dikirimkan. Masalah ini bisa terjadi bisa karena disebabkan oleh mic pengirim yang mengalami kerusakan atau bahkan speaker milik kita yang rusak, atau bisa jadi karena masalah pada jaringan internet sehingga mengalami kegagalan pada saat pengunduhan. Untuk itu, jika voice note WhatsApp tidak ada suara cobalah beberapa cara ini :

1. Gunakan Headset

Mendengarkan voice note melalui headset bertujuan untuk memastikan kerusakan berasal dari speaker h panda atau justru voice note itu sendiri. Selain untuk mendengarkan pesan suara WhatsApp cobalah untuk mendengarkan musik atau YouTube.

2. Berikan Izin Akses Microphone

Ini merupakan salah satu penyebab WhatsApp tidak mengirim atau mendengarkan suara yang terkirim. Cara untuk memberikan izin akses microphone pada whatsapp diantaranya sebagai berikut :

  • Masuk ke pengaturan
  • Lalu pilih pengelola aplikasi
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi WhatsApp
  • Berikutnya klik pada menu izin aplikasi
  • Pastikan pada bagian microphone sudah mendapat izin.

3. Bersihkan Chace pada WhatsApp

WhatsApp menyimpan berbagai file cache di perangkat ponsel Anda. Namun file cache yang menumpuk juga dapat menyebabkan beberapa fitur tidak berjalan dengan baik.

Itulah kenapa anda harus rajin untuk memeriksa file cache di semua aplikasi yang terpasang di h panda. Untuk menghapus cache di hp android dapat dilakukan dengan cara :

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih pengaturan aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi WhatsApp
  • Klik pada bagian hapus cache.

4. Mengecek Koneksi Internet

Koneksi Internet yang bermasalah juga merupakan salah satu penyebab kita tidak bisa mendengarkan voice note. Cobalah untuk mereset jaringan dengan menyalakan mode pesawat selama 10 sampai 20 detik kemudian matikan.

5. Restart Ulang

Apabila dengan mereset jaringan internet belum bisa untuk mengatasi voice note yang error maka cobalah restart ulang hp anda. Dengan menekan tombol power selama beberapa detik lalu akan muncul pilihan untuk restart atau muat ulang. Selain untuk mereset sinyal internet, cara ini juga berfungsi untuk merefresh sistem yang ada di HP Anda.

6. Update Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp yang belum di update atau diperbaharui juga bisa menjadi penyebab masalah pada voice note. Dimungkinkan karena aplikasi versi aplikasi lama tidak mendukung fitur baru yang ada.

Cara untuk mengupdate WhatsApp adalah dengan masuk ke Play Store kemudian cari aplikasi WhatsApp dan pilih update. Namun apabila aplikasi WhatsApp anda sudah versi terbaru anda bisa melakukan cara terakhir ini. (*)

Sumber: sindonews.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!