Wakapolres Sragen Blusukan ke Rumah Seorang Sinden Legendaris

BNews–SRAGEN– Seorang sinden legendaris asal Kabupaten Sragen ini kini tinggal sendirian di rumahnya dalam kondisi sakit. Ia diketahui tidak memiliki suami maupun anak, dan hanya tinggal sebatang kara.

Sujiyati namanya. Dia memiliki julukan Mentir, perempuan kelahiran tahun 1953 silam. Ia juga menjadi salah satu ikon karawitan di wilayah Sragen. Saat ini, Ia tinggal sebatang kara di pinggir sungai daerah Tegalrejo Kecamatan Gondang Sragen.

Hal itu membuat hati orang nomor 2 di Polres Sragen. Wakapolres Sragen Kompol Eko Mardiyanto dengan inisiatif sendiri berkunjung ke rumah Sujiyati untuk memberikan bantuan dan berbagi kisah.

“Beliau ini sudah sepuh (Red: Tua), dan dalam kondisi saat ini kami berbagi untuk meringankan bebanya,” ungkap Wakapolres Sragen Kompol Eko Mardiyanto saat diwawancarai Borobudurnews.com .

Mereka berbagi kisah perjalanan hidupnya. Khususnya Sumiyati yang memiliki banyak pengalaman di dunia seni karawatitan sebagai sinden.

“Beliau banyak bercerita tentang kisahnya dulu kepada saya. Itu merupakan ilmu pelajaran berharga bagi saya,” imbuh Kompol Eko Mardiyanto.

Kompol Eko Mardiyanto yang sedang mendengarkan kisah sang sinden legendaris (15/5/2020)-(foto: istimewa)
Kompol Eko Mardiyanto yang sedang mendengarkan kisah sang sinden legendaris (15/5/2020)-(foto: istimewa)

Sumiyati bercerita bahwa dia mengawali perjalanan di dunia seni sebagai penari tayub saat usia 12 tahun. Selanjutnya ia mengembangkan sayap ke dunia seni karawitan dan sinden. Beberapa dalang kondang pernah Beliau ikuti menjadi sinden saat pentas wayang kulit kala itu.

Ia terkenal dengan ciri khasnya yang identik dengan gendhing Jomplangan. “Sujiyati ini adalah sosok pesindhèn yang karismatik dan memiliki ciri khas dengan gendhing Jomplangannya kala itu,” pungkasnya. (bsn)

5 Comments
  1. Dwi says

    Bisa minta alamatnya beliau ??

    1. BNews 2 says

      Saat ini tinggal di pinggir sungai da Tegalrejo Kec Gondang Sragen

  2. Pakde Timbang says

    Smg bahagia diakhir hayatnya

  3. Wiyanto says

    Yg ingin terhubung sama beliau INI no Wa saya, 0895800677974, saya suami anak angkat beliau, tapi kami jauh merantau di Sulawesi, sdh 2 thun ndak pulang, rencana mau pulang lebaran INI, tapi situasinya yg tidak memungkinkan,

    1. BNews 2 says

      mantap…gerak cepat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: