Warga Merapi Mulai Sering Dengarkan Suara Gemuruh

BNews—MAGELANG— Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Warga yang bermukim di wilayah yang masuk radius bahaya di Kabupaten Magelang, kembali turun untuk mengungsi.

Pada Selasa (5/1/2021), sejumlah warga kelompok rentan Dusun Babadan 1, Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang kembali ke pengungsian. Setelah sebelumnya, mereka sempat kembali ke rumah masing-masing pada Desember 2020 lalu.

Salah satu warga Dusun Babadan 1, Nur Intan, 21, mengaku dalam beberapa hari terakhir sering mendengar suara gemuruh yang diduga dari kawasan puncak Merapi. Bahkan suara itu lebih sering terdengar dibanding satu minggu sebelumnya.

”Kalau sekarang gemuruh terus setiap hari. Jadi ada suara itu dari gunung dari puncak sepertinya. Ya, seminggu terakhir ini lebih kencang suaranya. Kalau puncaknya saya lihat seperti ada beda bentuk sepertinya,” katanya, Selasa (5/1/2021). Dikutip dari Kumparan.

Hal senada diungkapkan oleh Wahyudi, 30. Dirinya menyebut bahwa dalam beberapa hari terakhir suara gemuruh Merapi terdengar semakin besar. Selain itu juga lebih sering intensitas suaranya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Suara gemuruh itu hampir setiap hari. Berdasarkan pendengaran telinga saya dengar dalam tiga hari ini lebih tinggi, dan lebih banyak,” ujarnya.

”Cuma kalau kondisi puncak saya kurang tahu soalnya lebih sering tertutup kabut karena cuacanya seperti ini dan sering hujan. Mungkin kalau pagi terlihat, tapi saya sendiri belum bangun,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: