WOW.. Kereta Api Bandara YIA Siap Beroperasi, Tarif Promo Cuma Rp20 Ribu

BNews—JOGJAKARTA— Kementerian Perhubungan melakukan soft launching pengoperasionalan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Jumat (27/8). Kereta bandara YIA ini merupakan salah satu proyek strategis nasional untuk mendukung akses transportasi ke bandara.

Soft launching ini dihadiri; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B Panjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Ikut mendampingi Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Kulonprogo Sutedjo di Stasiun KA Bandara YIA.

”Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, Jumat (27/8). 

KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Jogjakarta ke Bandara YIA, dengan estimasi 40 menit. Setelah soft launching ini akan dilanjutkan dengan pengoperasian secara komersial dengan tarif promosi.

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan KA Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid-19. Kehadiran kereta ini diharapkan membantu meningkatkan perekonomian dan aksesibilitas masyarakat yang ramah lingkungan.

”Jogjakarta adalah kota pelajar dan menjadi tujuan destinasi wisata strategis nasional. KA Bandara ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini,” kata Luhut.

Gubernur DIJ Hamengku Buwono X mengatakan, kehadiran KA Bandara YIA ini akan menjadi moda transportasi kebanggaan masyarakat Jogjakarta. KA Bandara ini akan menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk menikmati Kota Jogjakarta yang merupakan kota budaya dan pariwisata.

Jalur kereta bandara dibangun pada 2019 dengan nilai investasi sekitar Rp1,1 Triliun dari Stasiun Kedundang sepanjang 5,4 kilometer. Jalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1km serta 16 unit konstruksi jembatan.

Sebelumnya telah dilakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta safety assessment terhadap prasaran jalur ka bandara YIA. Rencananya KA bandara akan beroperasi secara komersial mulai September 2021 dengan tarif promo Rp20 ribu. (ifa/han)

Sumber: iNews

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: