WOW !! KPK Temukan Dugaan Aliran Dana Korupsi Mantan Mentan ke Partai Politik

BNews-NASIONAL- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), beserta dua pejabat Kementerian Pertanian lainnya, Kasdi Subagyono (KS) dan Muhammad Hatta (MH). Tindakan penahanan ini dilakukan karena mereka menjadi tersangka kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengungkapkan bahwa terdapat paksaan yang dilakukan oleh SYL kepada KS; dan MH di Kementan, seperti mutasi ke unit kerja lain dan perubahan status jabatan. KS dan MH selalu aktif menjalankan perintah dari SYL.

Terkait dengan sumber uang yang digunakan, sebagian berasal dari realisasi anggaran Kementan yang telah dimark up; termasuk juga permintaan uang kepada para vendor yang mendapatkan proyek di Kementerian Pertanian.

“Atas arahan SYL, KS dan MH memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan sejumlah uang di lingkup eselon I; yaitu para pejabat eselon I seperti dirjen, kepala badan, dan sekretaris di setiap eselon I dengan nilai yang telah ditentukan oleh SYL, yakni antara US$ 4.000 hingga US$ 10.000,” katanya dikutip CNBC Indonesia (13/10/2023).

Uang yang dikumpulkan melalui KS dan MH, sebagai orang kepercayaan SYL, diterima secara rutin setiap bulan dengan menggunakan pecahan mata uang asing.

Penggunaan uang oleh SYL, KS, dan MH antara lain untuk pembayaran cicilan kartu kredit, cicilan pembelian mobil Alphard pribadi SYL, perbaikan rumah, tiket pesawat bagi keluarga, serta pengobatan dan perawatan wajah keluarga, dengan jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

“Jumlah uang yang dinikmati oleh SYL bersama-sama dengan KS dan MH sebagai bukti awal mencapai Rp 13,9 miliar, dan tim penyidik KPK masih terus melakukan penelusuran yang lebih mendalam,” tambahnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDURNEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, uang juga digunakan oleh SYL, KS, dan MH untuk melaksanakan ibadah umrah dengan nilai yang mencapai miliaran rupiah.

(KLIK DISINI UNTUK LANJUT BACA)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: