2 Elite Gerindra Ini Berpeluang Besar Jadi Menteri Gantikan Edhy Prabowo

BNews—NASIONAL— Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, ditetapkan menjadi tersangka dan resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Edhy diduga menerima suap Rp4,8 miliar terkait ekspor benih lobster.

Sejak menjadi tersangka, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) kosong karena dirinya langsung mengundurkan diri. Saat ini, kursi Menteri KP diisi sementara oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan sambil menunggu pengganti definitif.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari memprediksi, posisi Menteri KP tetap akan diberikan kepada Gerindra. Bukan tokoh dari kalangan profesional.

Qodari pun mengatakan, setidaknya terdapat lima elite Gerindra yang berpeluang. Diantaranya Sandiaga Uno, Fadli Zon, Sugiono, Sufmi Dasco dan Ahmad Muzani.

”Tentunya yang paling berpeluang adalah dari tokoh Gerindra. Dilihat dari latar belakang kelima nama elite Partai Gerindra yang berpeluang masuk menggantikan Edhy Prabowo sebetulnya ada dua nama, Sandiaga Uno dan Fadli Zon,” katanya Jumat (27/11).

”Kalau kita lihat, latar belakang Edhy Prabowo itu punya beberapa ciri. Pertama, jabatannya tinggi yaitu Wakil Ketua Umum Gerindra dan kedua punya sejarah kedekatan pribadi dengan Pak Prabowo,” sambungnya.

Ia merinci, Sandiaga Uno berpeluang menduduki jabatan Menteri KP karena mantan Wagub DKI Jakarta itu merupakan calon wapres 2019 yang mendampingi Prabowo. Sehingga menurutnya, rekonsiliasi politik Presiden Jokowi dan Prabowo semakin sempurna.

”Kemungkinan Sandiaga Uno untuk menjadi menteri. Sangat menarik karena apa, karena Sandiaga itu calon wakil Presiden dari Prabowo. Jadi kalau dia masuk, wah, komplit ini rekonsiliasi politik. Dan di sisi yang lain dengan masuknya Sandiaga maka harusnya peluang kinerja yang lebih bagus juga akan terjadi,” jelasnya.

BREAKING NEWS: KPK Lakukan OTT Terhadap Menteri Kelautan Edhy Prabowo

Selain itu, ia menyebut Sandi sudah sangat mapan soal ekonomi sehingga tidak akan mungkin mengulangi perbuatan Edhy dengan menerima suap.

”Saya haqul yakin, sih. Tidak sampai korupsi apa lagi buat beli barang-barang mewah karena Sandiaga sudah amat sangat kaya. Dia tidak perlu korupsi untuk bisa beli barang-barang mewah yang dibeli Edhi Prabowo dan istrinya di Hawai itu,” terang dia.

Sementara, peluang Fadli Zon sebagai pengganti Edhy cukup menarik. Sebab, meski telah ada rekonsiliasi dengan pemerintah, Fadli masih menjadi sosok yang kerap melontarkan kritik bagi pemerintah.

”Nah, bisa tidak kinerjanya nanti lebih bagus dari pada kritik-kritik yang ia berikan. Bahkan lebih bagus dari menteri-menteri yang lain,” pungkas Qodari. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: