Belum Ada Partai Politik Daftar di KPU Magelang

BNews-MUNGKID- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang sudah mulai membuka pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019. Pembukaan ini dimulai dari tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017.

Namun hingga Kamis (5/10) belum ada satupun partai politik yang menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran.Padahal petugas dan tempat sudah disiapkan di Kantor KPU Kabupaten Magelang.

Anggota KPU Kabupaten Magelang Divisi Hukum Reni Pujiastuti menerangkan untuk syarat pendaftaran partai politik di Indonesia antara lain Kepengurusan harus ada di 34 Provinsi di Indonesia, Kepengurusan paling sedikit di 75 persen di tiap kabupaten dan kota di provinsi yang bersangkutan, Kepengurusan paling sedikit 50 persen jumlah kecamatan di daerah kabupaten dan kota, Jumlah anggota 1 per 1000 dari jumlah penduduk di wilayah kabupaten. Pendaftaran yang dimaksud berkenaan dengan dua hal penting yaitu penyerahan dokumen persyaratan dan penyerahan bukti keanggotaan partai, sebagaimana diumumkan pada laman web KPU.

“Partai -partai Politik tersebut akan diverifikasi  untuk menentukan layak tidaknya turut menjadi peserta pemilu legislatif pada 2019 nanti, termasuk partai baru yang muncul,” katanya saat ditemui di kantornya (5/10).

“Secara lebih rinci di dokumen pendaftaran harus dicantumkan pula nama angggota partai, pengurus partai, kantor sekretariat, serta SK dari Kemenkumham atas terbentuknya partai tersebut, terutama parta yang baru dimana SK itu diterima oleh DPP setiap partai,” imbuhnya.

Ditambah juga oleh Divisi Sosialisasi dan Partisipasi KPU Kabupaten Magelang Dwi Endis M yakni sesuai dengan UU no 7 Tahun 2017 dijelaskan bahwa partai yang diverifikasi adalah partai baru, sedangkan partai yang sudah pernah mengikuti pemilu legislatif 2014 tidak perlu diverifikasi. Akan tetapi saat ini partai baru mengajukan gugatan ke Makamah Konstitusi, dengan isi gugatan partai yang perlu diverifikasi tidak hanya partai baru, tetapi partai lama juga dilakukan hal serupa.

“ Kemungkinan dari hal gugatan tersebut yang membuat belum adanya partai yang menyerahkan dokumen persyaratan Partai calon peserta Pemilu 2019, khususnya partai lama, karena mengacu UU no 7 Tahun 2017 partai lama peserta pemilu 2017 tidak perlu diverifikasi,” papar Dwi Endis.

“ Akan tetapi bila gugatan partai baru di MK menang maka partai lama wajib ikut menyerahkan dokumen untuk diverifikasi, oleh sebab itu kemarin Senin 2 Oktober kami adakan Bintek soal Tata Cara Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019,” ujarnya.

Untuk pendaftaran paling lambat tanggal 16 Oktober untuk penyerahan dokumen yang lengkap, dengan banyaknya persyaratan dokumen harus dipenuhi dikawatirkan rentang waktu pendaftaran akan mepet. “Pendaftaran penyerahan dokumen akan sah apabila semua dokumen yang menjadi syarat telah dilengkapi, apabila belum lengkap belum dianggap sah sehingga kami harap jangan mepet waktu penutupan pendaftaran untuk menyerahkan dokumennya,” pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: