Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan Dibawah Jembatan Pare Mungkid

BNews—MUNGKID—Mahasiswa Pecinta Alam Sulfur Universitas Tidar Magelang menggelar upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan cara berbeda. Mereka mengibarkan bendera merah putih raksasa di bawah jembatan Sungai Elo Blondo, Mungkid, Magelang, Senin (17/8/2020).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh tiga orang. Mereka naik ke atas jembatan dengan menggunakan tali tambatan, hingga bendera merah putih berukuran panjang 12 meter dan lebar 9 meter  itu berkibar dengan gagahnya.

Tiga orang yang bertugas melakukan pengibaran bendera yakni, Jafar Sidiq, Muhamad Yusuf Teguh, Nikmah Khoiru Amala. Mereka merupakan anggota Mapala Sulfur Universitas Tidar Magelang semester lima.

Upacara ini dimulai sekitar pukul 10.00 hingga 10.25 WIB. Peserta upacara terdiri dari Mapala Sulfur, Paguyuban Arung Jeram Elo dan SAR Magelang yang berjumlah sekitar 50 orang. Mereka mengikuti jalannya upacara dengan khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Ketua Mapala, Aditya Pranata mengatakan pengibaran bendera dengan cara yang berbeda ini dilakukan dalam rangka memperingatkan hut RI ke 75. Dipilihnya tempat upacara di bawah jembatan Blondo yang membentang di Sungai Elo tersebut untuk memperkenalkan wisata rafting elo ke khalayak umum.

”Kami memilih tempat disini karena kami ingin membuat (momen) yang istimewa. Dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi ikonik Magelang dengan wisata arung jeram di Sungai Elo,” kata dia.

Ia menjelaskan, pembuatan bendera merah putih raksasa  dilakukan selama delapan hari mulai dari membeli kain dan menjahitnya. Sementara segala persiapan upacara di bawah jembatan melakukan persiapan selama tiga hari.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

”Iya bendera merah putih ini kami membuat nya sendiri dan jahit sendiri. Kami harap peringatan HUT RI ke 75 ini, kita semakin memiliki jiwa nasionalisme. Musibah wabah Covid-19 yang kita alami ini semoga segera berakhir dan masyarakat bisa sejahtera,” ujarnya.

Salah satu pengibar bendera merah putih, Nikmah Khoiru Amala menyampaikan rasa bangga dan senangnya setelah sukses mengibarkan bendera merah putih raksasa tersebut. ”Perasaan saya sangat senang dan bangga, ini merupakan pengalaman dan kebanggan tersendiri bagi saya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembina Upacara, Nuryana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada teman-teman yang ikut andil dalam mempersiapkan upacara HUT Republik Indonesia ke-75. Upacara telah terlaksana dan diharapkan dapat mewujudkan Indonesia Maju.

”Kami akan tunjukan perkembangan Sungai Elo yang mana (rafting) sangat diminati oleh wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Tetap semangat dan segera bangkit dengan tetap mematuhi peraturan pemerintah dimasa new normal, kita patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (rur/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: