BESOK!!! 10 Ribu Soreng Bakal Pecahkan MURI di Mungkid

BNews—MUNGKID— Besok (28/10) bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, akan digelar even spektakuler di Kabupaten Magelang. Yaitu pemecahan rekor MURI 10 ribu penari soreng.

Sepuluh ribu soreng ini akan bernari bersama di Lapangan Drh Soepardi Kota Mungkid. Diperkirakan jumlah itu akan menjadi yang terbesar dan pertama di Indonesia.

Advertisements


Kegiatan akan dimulai pukul 07.00 pagi. Sebelum pemecahan MURI akan dilakukan upacara peringatan sumpah pemuda.


Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Husein mengatakan selain memecahkan rekor MURI even ini juga dalam rangka melestarikan kebudayaan khas peninggalan nenek moyang. Dikana soreng l hidup dan berkembang di antara lereng Gunung Merbabu dan Gunung Andong Kabupaten Magelang.

“Dan dalam rangka menegaskan kembali cita-cita dan pergerakan kemerdekaan Indonesia melalui ikrar Sumpah Pemuda,” kata dia. 

Dia mengatakan pihakbya telah berkoordinasi dengan Museum Rekor Indonesia sebagai permohonan pendaftaran pencatatan rekor penari Soreng terbanyak.

Tari Soreng merupakan kesenian asli masyarakat Jawa, pengejawantahan babad atau cerita rakyat yang diadopsi dari kisah Aryo Penangsang dan para prajuritnya. 

“Kesenian ini lazim dimainkan dalam upacara adat atau hajatan besar,” imbuh Husein. 

Gerakannya diambil dari tari keprajuritan yang disederhanakan dan dilakukan secara berkelompok atau massal. 

“Gerakan tarian ini menyiratkan seperti sedang berlatih bela diri dan didominasi gerakan kaki seperti perang berkuda,” ujarnya.

Penari soreng nantinya akan didominasi oleh pelajar di Kawasan Ngablak, Grabag, Pakis. Juga akan diikuti mahasiswa, seniman, budayawan dan masyarakat umum. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: