Bohongi Perawat, Pasien Positif Corona Ternyata Baru Pulang Dari Italia

BNews—NASIONAL— Fakta mengejutkan dituturkan satu pasien positif corona di Kota Salatiga. Pasien yang menyebabkan tujuh tenaga medis berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu ternyata pernah melakukan riwayat perjalanan ke Italia.

Alhasil, ketujuh perawat langsung dikarantina. Mereka tidak sengaja melakukan kontak dengan pasien yang sejak awal tidak jujur soal riwayat perjalanannya.

Walikota Salatiga Yuliyanto membenarkan bila terdapat tujuh tenaga medis yang saat ini berstatus ODP. Mereka diketahui pernah melakukan kontak dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) positif corona saat di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga.

”Tadi sudah ada kabar kalau pasien tersebut pernah ke Italia. Saat ini ada tujuh tenaga medis yang menjadi ODP. Mereka melakukan kontak dengan pasien positifcovid-19,” jelasnya, Rabu (15/4).

Diketahui, tujuh petugas medis sedang melakukan proses karantina di Rumah Dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga. Menurutnya, isolasi satu tempat lebih memudahkan untuk melakukan proses pemantauan.

”Saat ini mereka yang menjadi ODP sudah dikarantina selama 14 hari di satu tempat agar memudahkan pengawasan dengan tetap melakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah menjelaskan, berdasarkan pelacakan (tracking) sudah ada 47 OTG yang kontak dengan pasien positif ketiga. Tujuh orang di antaranya adalah tenaga kesehatan RSPAW Salatiga.

Loading...

Dirinya menyayangkan sikap pasien yang tidak jujur sejak pemeriksaan awal di RSPAW. Pasien tidak pernah mengatakan baru kembali dari Eropa. Padahal tenaga kesehatan yang menangani tidak mengenakan Alat pelindung Diri (APD) lengkap.

”Informasi pasien sempat pergi ke Italia dan Bali justru didapatkan dari sang anak. Yang membuat kami repot kalau tidak jujur itu,” ungkap dia.

Berdasarkan data monitoring penyebaran covid-19 di Kota Salatiga, terdapat 82 OTG, 17 ODP, dua PDP dan 3 orang positif covid-19. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: