Catat…Ini Jadwal Even-even di Kabupaten Magelang Tahun 2020

BNews-BOROBUDUR- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahragaan (DISPARPORA) Kabupaten Magelang meluncurkan Calender Of Event Pariwisata Kabupaten Magelang Tahun 2020. Kalender ini berisi 54 event yang akan di selenggarakan sepanjang tahun 2020 di Kabupaten Magelang.

Kadisparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengatakan, Calender of Event 2020 ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata. “Tidak hanya itu, hal ini juga meningkatkan daya tarik wisatawan Kabupaten Magelang melalui event,” katanya.

“Dengan adanya kalender event ini saya harap dapat membangun semangat dan komitmen pemerintah dan masyaraka. Kita bisa saling meningkatkan potensi dan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” imbuhnya.

Peluncuran kalender event tahunan ini di klaim sudah ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Dimana hal ini sebagai informasi awal untuk mengetahui event yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2020 di Kabupaten Magelang.

Diantara 51 event terdapat 2 event yang diselenggarakan setiap seminggu sekal. Seperti Pertunjukan Kesenian Kabupaten Magelang setiap minggu pagi di panggung kesenian TIC Borobudur. Ada juga Pagelaran Pasar Tardisi Lembah Merapi setiap minggu pagi di atas Bukit Gununggono.

“Pada tahun 2020, terdapat 51 event di kabupaten Magelang. 2 diantaranya meupakan event yang digelar seminggu sekali,” paparnya.

Daftar event kabupaten Magelang Tahun 2020 antara lain :
Loading...

1.Pertunjukan kesenian Kabupaten Magelang. Event ini digelar secara rutin setiap minggu di pangung kesenian TIC (Tourist Information Center)

2. Pagelaran Wayang Kulit Gemilang FM. Event ini digelar setiap malam mingu kliwon di Pendopo Radio Gemilang FM Muntilan, menampilkan dalang dan pengiring lokal dari Magelang.

3. Pagelaran Pasar Kebon Watu Gede. Event ini digelar setiap minggu pahing dan minggu legi yang menyajikan aneka kuliner tempo dulu di tengah kebun bambu di antara persawahan.

4. Pagelaran Pasar Watu Lumbung. Pasar ini digelar setiap minggu kliwon di kaki bukit Gunung Wukir untuk mengenalkan kembali tradisi jawa tempo dulu.

5. Pagelaran Pasar Tradisi Lembah Merapi. Pasar ini digelar di atas Bukit Gununggono setiap mingu pagi yang menjajakan jajanan tradisonal.

6. Pagelaran Pasar Gemblung. Event ini digelar setiap hari minggu di Jalan Magelang-Yogyakarta No.10. Pasar ini menyediakan aneka kerajinan dan jajanan tradisional.

7. Perayaan Hari Imlek pada 25 Januari. Event ini digelar di Artos Mall yang dimeriahkan oleh barongsai, Chinese Dancer, live musik dan serangakaian agenda lainnya.

8. Festival Durian Purwosari Salaman pada bulan Februari-Maret. Festival ini merupakan ungkapan syukur masyarakat Purwosari atas rezeki yang di berikan oleh Tuhan serta sebagai sarana promosi kualitas durian Purwosari.

9. 17 tahun Ruwat-Rawat Borobudur pada bulan Februari. Event ini merupakan event tahunan dengan kegiatan budaya masyarakat untuk mendorong peran masyarakat dalam upaya pelestarian/pemanfaatan warisan budaya Borobudur.

10. 17 tahun Ruwat-Rawat Borobudur pada Maret. Event ini merupakan event tahunan dengan kegiatan budaya masyarakat untuk mendorong peran masyarakat dalam upaya pelestarian/pemanfaatan warisan budaya Borobudur.

11. Borobudur Today pada bulan Maret. Diikuti para seniman dari berbagai negara.

12. Chaul Simbah Kyai. H. Ahmad Abdul Haq dan Ny. H. Dalhar pada Maret-April. Acara ini merupakan Birull Walidain simbah dan pengajian Akbar di Gunung Pring.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID KALIAN GRATIS DAN RINGAN

13. Festival Olahan Pangan Lokal pada bulan Maret. Event ini untuk mengembangkan panan lokal non terigu dan non beras menjadi olahan pangan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

14. Festival Durian Candimulyo pada bulan maret. Festival ini dimeriahkan dengan kirab gunungan durian dan bazar buah durian serta penampilan berbagai kesenian Magelang.

15. 17th Ruwat-Rawat Borobudur pada bulan April Event ini merupakan event tahunan dengan kegiatan budaya masyarakat untuk mendorong peran masyarakat dalam upaya pelestarian/pemanfaatan warisan budaya Borobudur.

16. Tradisi Bojong Banyu & Kampung Budaya pada 19 April. Tradisi ini digelar menjelang bulan Ramadhan. Diawali dengan prosesi pengambilan air dari sumber mata air Kedawung oleh sesepuh dan warga kemudian diarak sampai ke tengah desa kemudian pembacaan doa dan di lanjutkan dengan perang air antar warga.

17. Waisak 7 Mei. Acara ini untuk memperingati hari waisak yang dilaksanakan di Candi Borobudur.

18. Selikuran Sunan Geseng 14 Mei. Tradisi ini digelar untuk memperingati Chaul Sunan eseng dengan menggelar pengajian serta tadarus Alquran.

19. Pisowanan Agung Songo-Songo 16 Mei. Acara doa bersama dalam rangka memperingati hari jadi desa Wanurejo.

20. Gelar Budaya Wanurejo pada 17 Mei. Event ini  dimeriahkan oleh sejumlah kesenian dari 9 dusun di desa Wanurejo. Digelar pula kirab mengelilingi desa dengan membawa berbagai potensi Desa Wanurejo.

21. Grebeg Kupat pada 28 Mei. Event ini di selenggarakan di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro, Mertoyudan. Gunungan ketupat yang berisi sejumlah uang, voucer belanja dan lain-lain di doakan di masjid kemudian diarak keliling kampung. Puncaknya gunungan kupat diperebutkan oleh seluruh pengunjung dilanjutkan dengan penampilan berbagai kesenian tradisional.

22. Chaul Simbah Kyai. H. Dalhar 1-2 Juni. Pengajian umum yang digelar di Pondok Pesantren Darussalam, Gunung Pring.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID KALIAN GRATIS DAN RINGAN

23. Festival Kampung Gunung Telomoyo 26-28 Juni. Dalam festival dengan icon paralayamh Telomoyo ini di ramaikan dengan berbagai kesenian tradisional, parade drumblek, Telomoyo Fashion Carnival, dan tak lupa hiburan musik ternama.

24. 5th Indonesia Tripitaka Chanting 26-28 Juni. Acara ini digelar untuk merawat, menjaga keyakinan umat Budha di Borobudur.

25. Festival Giyanti pada bulan Juni. Acara ini adalah sebagai wisata religi menjadi tempat pagelaran event tradisi di Gunung Giyanti.

—>>>> BERSAMBUNG HALAMAN 2 <<<<<—–  (KLIK DISINI)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: