Kasus Covid-19 Naik, Jokowi Minta Pemeriksaan 3T Ditingkatkan di Sejumlah Provinsi

BNews—NASIONAL—Provinsi Jawa Tengah diminta menjadi prioritas dalam penanganan Covid-19. Provinsi lain juga diharapkan diprioritaskan yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 di Istana Merdeka Jakarta, hari ini (13/7/2020). Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri menteri-menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemeriksaan corona harus ditingkatkan dengan menambah fasilitas laboratorium dan mobil laboratorium. Serta memasifkan 3 T yakni testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (penanganan).

”Saya minta prioritas khusus untuk 3T tersebut di beberapa provinsi antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Papua,” katanya.

Presiden juga menjelaskan pentingnya pelacakan kasus serta pemantauan terhadap orang-orang yang berisiko terinfeksi virus corona. Kemudian juga ditingkatkan jumlah PCR (polymerase chain reaction) Test dengan menambah jumlah lab-lab di daerah

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Ditambah mobil lab PCR yang kita harapkan target yang saya sampaikan bisa tercapai yaitu 30 ribu,” imbuhnya.

Sementara itu, apabila kebutuhan penanganan Covid-19 yang belum terpenuhi, kata Jokowi, Kementerian Kesehatan bisa berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk mengatasinya. Seperti peningkatan fasilitas rumah sakit khususnya ranjang, APD, obat-obatan dan ventilator.

”Kamar isolasi ini juga masih memerlukan tambahan untuk provinsi-provinsi yang saya sebut,” jelasnya.

 “Saya tidak ingin menyampaikan banyak hal tapi saya ingin memberikan apa yang harus segera kita lakukan menyikapi adanya kenaikan kasus positif, kasus baru yang bertambah,” pungkasnya. (rur/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: