Ketika Para Pejuang Kangker Berkumpul di Artos Mall

BNews—MERTOYUDAN— Pengobatan secara medis bagi masyarakat yang terdampak kanker akan lebih akurat dan tepat dalam proses pencegahan. Meski demikian, banyak masyarakat yang masih takut akan penanggulangan secara medis.

 

”Terutama takut disaat pengecekan kesehatan awal,” ucap Sri Ardiyanti, 45 dalam acara Bincang-Bincang Kanker di Artos Mall bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Magelang, Minggu (4/2).

 

Pejuang kanker asal Kampung Boton, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang ini menjelaskan, pemeriksaan secara medis sangat penting bagi orang yang terkena kanker.

 

”Karena pengobatan secara medis akan lebih akurat dan tepat,” imbuh Sri dihadapan ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat dan pengunjung.

 

Anggota YKI Magelang, Seksi Penyuluhan dan Pendidikan Kanker, Siwi Rohmaningsih, menyayangkan, selain dinilai takut memeriksakan kesehatan, masyarakat masih suka dengan pengobatan alternatif. Padahal, menurut Siwi, pengobatan alternatif belum tentu sesuai prosedural secara medis.

 

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Jangan takut dan ragu melakukan pemeriksaan secara medis apabila dari dalam tubuh merasa ada yang tidak beres,” Pinta Siwi.

 

Masih menurut Siwi, jumlah penderita kanker di Indonesia saat ini diyakini jumlahnya semakin bertambah. Dikutip data Riskesdes 2013, prevalansi tumor atau kanker  di Indonesia 1,4 per 1.000 penduduk  atau sekitar 347 orang.

 

Dari data riset skala nasional yang dilakukan 5-6 tahun sekali ini, diketahui penderita kanker didominasi wanita. Utamanya mengidap kanker payudara dan kanker leher Rahim.

 

”Sedang kanker yang menyerang pria masih didominasi kanker prostat,” ungkap aktivis kanker tersebut.

 

Dalam acara peringatan Hari Kanker Sedunia ini, masyarakat diberikan pengetahuan mengenai deteksi dini kanker yang dihubungkan dengan program pemerintah, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Diharapkan Germas juga ikut berperan serta dalam melakukan pencegahan kanker, terutama dalam deteksi dini.

KANGKER : ACARA BINCANG-BINCANG KANKER DI ARTOS MALL BERSAMA YAYASAN KANKER INDONESIA (YKI) MAGELANG, MINGGU (4/2).--(FOTO--HAN)
KANGKER : ACARA BINCANG-BINCANG KANKER DI ARTOS MALL BERSAMA YAYASAN KANKER INDONESIA (YKI) MAGELANG, MINGGU (4/2).–(FOTO–HAN)

Sementara itu, Public Relation Artos Mall Dian Indri, mengungkapkan, bahwa acara ini merupakan wujud kepedulian Artos Mall terhadap kesehatan masyarakat. Tidak hanya diskusi kanker, acara ini juga menyediakan konsultasi kanker gratis yang ternyata cukup diminati pengunjung.

 

”Untuk memeriahkan acara ini, Artos Mall dan YKI juga membagi-bagikan bunga kepada pengunjung. Melalui media tersebut, kami menyisipkan pesan agar masyarakat waspada terhadap kanker,”pungkas Dian. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: