Lantai Tegel Mulai Bangkit Kembali di Pasaran, Hampir Salip Keramik

BNews–MERTOYUDAN-– Pembangunan rumah saat ini biasanya tidak meninggalkan sebuah lantai. Dimana lantai rumah agar terlihat bersih dan indah akan dibanguan sedemikian rupa.

Termasuk dengan pemasangan sebuah tegel atau keramik yang indah bagi lantai sebuah rumah. Namun, akhir-akhir ini lantai dengan dipasangan tegel kembali menjadi primadona.

Dimana sebelumnya lantai tegel ini sudah lama atau sudah tidak banyak dipergunakan oleh masyarakat untuk lantai di rumahnya. Dan kini mulai dilirik untuk eksterior dan interior rumah, karena lebih eksotik dan membuat hunian lebih adem.

Jika ditarik mundur ke beberapa dekade lalu, lantai tegel menjadi primadona untuk mempercantik lantai rumah. Kemudian munculnya lantai keramik yang lebih berkilau sempat menggeser popularitas lantai tegel. Hingga banyak pabrik lantai tegel tutup produksi.

“Banyak yang tanya tempat yang menyediakan lantai tegel, karena kesulitan mencari lantai tegel. Hal itu yang menjadi latar belakang saya tujuh tahun lalu, berani melangkah memproduksi lantai tegel, baik lantai tegel polos maupin lantai tegel motif,” ucap Konsultan Interior Rumah, Winarno, pemilik Win Art Solution.

Winarno asli Ngampel Sengi Dukun Magelang, saat ini berdomisili di Perum Pesona Kayangan Babadan Jumoyo, Salam, mengatakan, banyak permintaan tegel motif dan tegel jenis lainnya.

“Tegel motif yang sedang naik daun, karena mampu meningkatkan pamor ruangan. Tidak harus rumah bertema clasic, jadul atau rumah era kolonial. Tetapi rumah dengan tema modern minimalis pun cocok menerapkan lantai tegel motif, yang jelas tampil beda dan elegan,” papar Winarno.

Loading...
DOWLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurut Winarno, tegel motif produksinya, dibuat secara manual dan handmade. Hal itu yang membuat tegel motif harganya lebih tinggi dibanding produk pabrikan seperti keramik lantai atau granit.

“Tegel diproduksi satu persatu karena handmade. Meskipun harganya permeter persegi lebih mahal daripada keramik lantai, namun produk saya lebih murah jika dibanding produk tegel motif lain, karena saya produksi sendiri,” ujarnya.

Winarno, yang mempunyai workshop tempat produksi tegel di Ponggol Muntilan itu juga menyampaikan tegel produksinya mempunyai corak yang beragam. Mulai dari corak seperti batik, ada pula yang polos, ada tegel khusus kamar mandi (tegel badak) dan ada tegel khusus difabel.

“Untuk tegel motif dan polos banyak dipesan hotel, kantor, tempat wisata. Ada pula pabrik gula di Kendal Jawa Tengah yang memesan tegel motif era kolonial, karena memang bangunan Belanda,” ujarnya.

Adapun tegel untuk difabel, banyak yang dipesan oleh Dinas Tata Kota, untuk keperluan lantai trotoar.

“Selain itu motof tegel bisa di custom warna sesuai selera konsumen,” tegasnya.

Winarno, menyampaikan hasil produknya tersebut telah menjangkau hingga Bekasi, Tuban, Malang, Manado dan daerah lainnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: