Lima Klub Sepakbola Tertua di Indonesia, Salah Satunya dari Magelang

BNews–NASIONAL–  Sejarah persepak bolaan di Indonesia ternyata jauh ada sebelum kemerdekaan. Beberapa klub sepak bola yang kini masih eksis ternyata sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Namun kemungkinan anda belum banyak yang tahu klub-klub tertua di Indonesia. Berikut 5 klub sepak bola tertua, dan salah satunya di Magelang.

1. PSM Makassar

PSM Makassar berdiri pada 2 November 1915. Klub berjuluk Juku Eja tersebut awalnya bernama Makassar Voetbol Bond (MVB).

Namun seiring berjalannya waktu, MVB berubah nama menjadi PSM Makassar pada dekade 1950. PSM Makassar tercatat sudah menjadi juara di Indonesia sebanyak tujuh kali. Terbaru menjuarai Liga Indonesia Juara pada 1999/2000.

2. PPSM Sakti Magelang

PPSM Sakti Magelang berdiri pada 1919.  Awalnya, klub tersebut bernama Indonesische Voetbol Bond Magelang (IVMB).

Loading...

Namun seiring berjalannya waktu, IVMB berubah nama menjadi PPSM Sakti Magelang. Klub tersebut juga menjadi satu di antara klub yang turut berperan mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Prestasi terbaiknya, yakni pernah menjadi juara tiga terbaik se-Indonesia pada tahun 1933.

3. Persis Solo

Persis Solo berdiri pada 8 November 1923. Awal didirikan, klub tersebut bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB).

Namun, namanya akhirnya diubah menjadi Persatuan Sepakbola Indonesia Solo (Persis) pada tahun 1928. Klub berjuluk Laskar Samber Nyowo tersebut mengalami masa kejayaan pada tahun 1930 hingga 1940 an.

Persis Solo menjadi satu di antara tim yang sering menjadi juara kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia. Seperti saat juara pada tahun 1935 dan 1936 maupun juara pada tahun 1939 hingga 1943.

Namun, sayang era kegemilangan Persis Solo kini meredup. Kini mereka bermain di kasta Liga 2 Indonesia.

4. Persipura Jayapura

Klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut berdiri pada 1925. Persipura Jayapura kini merupakan satu di antara klub langganan Liga 1.

Bahkan, Persipura Jayapura beberapa kali menjadi juara Liga 1. Misalnya, juara Liga Super Indonesia 2008.

Menjadi runner up juara Liga 2014, mereka sempat mengikuti ajang Piala AFC di tingkat Asean. Persipura Jayapura bahkan berhasil melaju ke babak semifinal.

5. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya lahir pada 1927 dengan nama awal Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Sebelum menggunakan nama Persebaya, mereka sempat menggunakan nama Persebaja pada 1943.

Mereka baru menggunakan nama Persebaya pada 2004. Klub berjuluk Bajol Ijo itu, juga merupakan klub yang berperan dalam pendirian PSSI.

Mereka beberapa kali menjadi juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Terbaru, Persebaya menjuarai kompetisi Liga Indonesia Juara pada 2004.

(*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: