Museum Gunung Merapi Sleman Segera Dibuka, ini Jadwalnya

BNews–SLEMAN– Museum Gunung Merapi di Kabupaten Sleman direncanakan akan dibuka pertengahan Juli 2020 mendatang. Hal ini disampaikan Dinas Kebudayaan Sleman kemarin setelah ditutup karena pandemi covid-19 (4/7/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan jawatannya tengah mempersiapkan sejumlah hal untuk pembukaan operasional museum di Sleman. “Saat ini sedang dipersiapkan, rencana Museum Gunung Merapi buka pertengahan bulan, uji coba pekan depan,” katanya.

Menurutnya, Uji coba pembukaan museum ini mengacu pada Surat Edaran Pemkab Sleman No. 556/01547. Yakni  tentang Uji Coba Penyelenggaraan Kepariwisataan, Kegiatan Hajatan, dan Sosial Kemasyarakatan Secara Terbatas.

“Pengelola museum nantinya harus mengajukan permohonan rekomendasi uji coba kegiatan kepariwisataan secara terbatas ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Aji mengungkapkan juga, dalam masa uji coba hingga pembukaan seluruh museum di Sleman. Namun seluruh pihak mulai dari wisatawan dan pengelola museum harus menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

“Protokol seperti cuci tangan pakai sabun, pakai masker, itu harus diwujudkan dalam rencana tindak yang konkrit,” ungkapnya.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan sebelum dibuka, Museum Gunung Merapi akan menjalani simulasi pembukaan pada minggu depan.

Loading...

“Akan disimulasikan dulu minggu depan, masih kami koordinasikan. Terkait museum lain saya belum dapat infonya,” katanya.

Ia menambahkan pembukaan setiap museum di Sleman nantinya harus mengantongi surat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman. “Ada surat edaran seperti destinasi wisata juga, jadi harus minta rekomendasi dari gugus tugas,” pungkansya. (*/islh)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: