Optimalkan Pengembangan Pertanian, Vita Ervina dan Kementan Gelar Bimtek Alsintan

BNews—MAGELANG— Bimbingan teknis (bimtek) optimalisasi penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) penting bagi para petani. Agar kelompok tani penerima bantuan alsintan dapat mengetahui dan memiliki gambaran bagaimana memanfaatkan alat-alat tersebut.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina dalam sambutan secara virtual pada kegiatan bimtek optimalisasi penggunaan alat mesin pertanian. Yang mana acara bimtek digelar di Wisma Sejahtera, Magelang Utara, Kota Magelang pada Jumat (29/10/2021).

Vita menyebut, bimtek ini merupakan kerjasama antara dirinya sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Dapil VI Jateng serta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian.

”Fokus bimtek kali ini adalah optimalisasi penggunaan alat mesin pertanian. Secara spesifik akan dijelaskan oleh narasumber, bagaimana kelompok tani diberikan pengetahuan untuk memanfaatkan alat mesin pertanian secara optimal,” ujarnya.

Jelas Vita, Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jateng yang memiliki keunggulan di sektor pertanian bahkan penghasil utama komoditas hortikultura. Dalam upaya optimalisasi pengembangan pertanian, diperlukan pendukung baik SDM, ketersediaan lahan, teknologi pertanian dan modernisasi alat mesin pertanian.


”Pemerintah bersinergi selalu, berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya petani. Contohnya, modernisasi alat mesin pertanian. Sebagai upaya untuk mendukung petani dari proses budidaya baik sebelum ditanam sampai pasca panen,” jelasnya.

Dia menyebut, pada tahun ini, bantuan alsintan kepada kelompok tani di Kota dan Kabupaten Magelang yang disalurkan berupa 23 traktor roda dua, 1 traktor roda 4, 15 Cultivator, 1 rice transplanter, 15 pompa air, 43 handspayer, 8 power thresher dan 1 corn sheller.

”Melalui program bantuan alsintan ini, kami berharap petani dengan kelompok tani masing-masing dapat bekerjasama bergotong royong. Hakikatnya untuk kemandirian pengelolaan yang berkesinambungan dan memberi manfaat yang optimal,” harapnya.

Sebagai informasi, peserta yang mengikuti bimtek kali ini adalah ketua kelompok penerima bantuan alat mesin pertanian Tahun 2021 di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: