Pagelaran Wayang Kulit dalam Rangka Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Magelang Kota

BNews—MAGELANG— Polres Magelang Kota menggelar pertunjukan wayang kulit di lapangan Polres Magelang Kota (lokasi yang akan dibangun gedung mako baru), Jumat (10/2/2023). Ini merupakan rangkaian acara peletakan batu pertama pembangunan mako baru.

Pagelaran wayang kulit ini dengan lakon “Mbangun Sapto Hargo” dan wayang wong dengan lakon Srikandi Bhakti. Sebagai dalang yakni Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. Dirinya juga memerankan Dewi Srikandi.

Dalam acara tersebut, hadir juga Dalang Ki Rusmadi Ki Dasuki S.H. dan Ki Anom Sutrisno yang mewakili Paguyuban Dalang Bhayangkara (Padangkara) serta dua bintang tamu yakni Sinden Tatin dan Sinden Elisa.

Acara diawali Ritual Budaya Wayang Kulit Uwong dengan Lakon Srikandi Bhakti. Dimana yang memerankan punakawan dan pandawa lima adalah para pejabat utama Polres Magelang Kota.

Setelah itu dilanjutkan pagelaran wayang kulit oleh Dalang Ki Rusmadi, Ki Dasuki S.H. dan terakhir Ki Anom Sutrisno.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda mengungkapkan acara ini adalah salah satu wujud melestarikan budaya. Selain itu, pagelaran wayang kulit ini merupakan rangkaian acara peletakan batu pertama pembangunan kantor baru Polres Magelang Kota.

”Semoga bangunan (kantor baru) berdiri tepat waktunya dan bisa melayani masyarakat dengan dengan baik” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengundang tiga dalang anggota Polri juga dalam rangka memeriahkan ulang tahun yang pertama  Padangkara.

”Semoga Polri bisa menjadi penjaga budaya sehingga persatuan dan kesatuan bangsa bangsa tetap bisa kita jaga, selalu bisa menjadi bangsa besar yang memiliki harkat dan martabat,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!