IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Pemprov Anggap Bupati Gantung Perijinan Penambangan

BNews–MUNGKID– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menilai Pemkab Magelang menghambat proses perijinan usaha penambangan. Meski seluruh proses telah dilalui hingga ijin produksi Bupati Magelang belum juga menerbitkan ijin lingkungan sebagai syarat akhir.
      “Sebagai birokrasi saya malu karena kita yang mendorong supaya usaha penambangan dilakukan secara legal dan teman-teman pengusaha mencoba taat tapi nyatanya birokrasi kita justru menghambat,” kata Kepala ESDM Provinsi Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono saat audiensi dengan DPRD Kabupaten Magelang bersama sejumlah kepala desa asal Srumbung.
     Teguh mengatakan ada tiga ijin yang sudah selesai berproses hingga ijin produksi. Diantaranya CV Barokah, Cv Bumiselaras dan atas nama Supriyanto. Menurutnya seluruh proses sudah sejak November 2016. “Maksimal sepuluh hari harus sudah dieksekusi oleh Bupati sehingga bisa beroperasi,” katanya.
       “Rekomendasi tim analis lingkungan menyatakan sudah tidak ada masalah dengan lokasi tapi sampai sekarang belum dieksekusi oleh Bupati. Padahal sudah sejak akhir tahun lalu,” kata dia.
      Plt Sekda Kabupaten Magelang Agung Trijaya mengatakan sebenarnya kajian lingkungan untuk tiga ijin usaha pertambangan tidak menemui masalah. “Namun entah Bupati Magelang dapat masukan dari siapa sehingga beliau memilh untuk mengkaji lagi,” katanya.
      Ketua DPRD Sariyan Adi Yanto mengatakan apemerintah Kabupaten Magelang seyogyanya memberikan kepastian hukum terhadap masyarakat. “Saya bukan pro atau anti penambangan tapi harus ada kepastian hukum kepada siapa saja yang mengajukan ijin. Ditolak atau diterima dengan alasan yang jelas,” katanya.
      Dalam kasus penambangan ini dia melihat ada inkonsistensi lantaran sejak awal para pemohon ijin sudah diberikan rekomendasi dari Pemkab Magelang terkait tata ruang. Kemudian bisa berproses hingga di Provinsi Jateng, namun akhirnya mengalami kendala di akhir proses ijin lingkungan oleh Pemkab Magelang. (bn1)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: