Sambut HUT ke-77 RI, Warga Poncol Kota Magelang Bikin Gapura Unik Dari Botol

BNews—MAGELANG— Banyak cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dilakukan warga RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Warga setempat membuat gapura masuk kampung dengan botol-botol bekas yang dirangkai sedemikian rupa. Nampak botol-botol tersebut diberi warna merah dan putih kemudian ada papan dari Styrofoam dengan tulisan 77 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

”Kami menggunakan botol karena di sekitar sini banyak botol-botol bekas. Sekaligus untuk memanfaatkan limbah di sekitar kita,” kata Didik Eksanto, (49), selaku perancang gapura, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan, tinggi gapura sekitar 4 meter dan lebar sekitar 3,5 meter. Sementara botol yang digunakan sekitar 1200 botol bekas.

”Untuk proses pembuatan gapura ini sekitar satu minggu. Dan gapura ini sudah berdiri sejak satu minggu lalu,” jelasnya.

Sementara untuk desain gapura, lanjut Didik, ide berasal dari dirinya yang memang menyukai bentuk-bentuk yang unik. ”Untuk ide, saya suka yang unik dan kebetulan ada banyak botol-botol bekas,” imbuhnya.

Didik menyebut, untuk penyangga gapura di sisi kanan dan kiri menggunakan bambu. Sebab jika menggunakan botol, dikhawatirkan mudah rusak bila tersenggol kendaraan.

”Untuk bambu, kami cat dengan warna hitam, merah, dan kuning untuk menggambarkan api. Maksudnya api di sini yakni semangat kemerdekaan,” ujarnya.

Ketua RW IV, Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Agus Wahyudi mengapresiasi pembangunan gapura tersebut. Dia berharap, dengan pembangunan gapura yang dilakukan secara gotong royong itu dapat memberikan kebahagiaan kepada warga.

”Saya sangat mendukung dengan adanya gapura ini. Karena ini kan kolaborasi, ada warga yang pintar membuat kerajinan, kemudian bank sampah dan juragan putra limbah. Sehingga kita bisa manfaatkan, karena ini judulnya pemanfaatan limbah di sekitar kita (Pelita),” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!