Sejarah Hari Ini (4/10): Gedung DPR Dibombardir Tank, 187 Orang Tewas

BNews—MAGELANG— Presiden Rusia Boris Yeltsin memerintahkan para tentara untuk membombardir gedung parlemen atau gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)-nya Rusia di Moskow. Ia memerintahkan membombardir menggunakan senjata berat tank.

Hal ini dilakukan demi meredam aksi para demonstran yang mengungkapkan rasa tak puas mereka terhadap kinerja pemerintah. Serangan militer pada tanggal 4 Oktober 1993 itu lantas menewaskan sekitar 187 orang.

Peristiwa di atas merupakan salah satu dari sekian banyak kejadian bersejarah dunia yang layak dikenang. Berikut sejumlah peristiwa penting yang terjadi pada 4 Oktober yang dirangkum Borobudur News dari berbagai sumber:

23

Pasukan pemberontak menduduki dan menghancurkan ibu kota Kerajaan Dinasti Xin, yakni Chang’an. Pemimpin dinasti tersebut, Wang Mang, lantas dibunuh dua hari kemudian. Peristiwa itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Dinasti Xin yang sudah berdiri selama 14 tahun.

1302

Perang Bizantium-Venesia yang berlangsung sejak 1296 berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian damai. Republik Venesia dinyatakan menang dalam perang tersebut.

Meski demikian, Republik Venesia bersedia mengembalikan beberapa wilayah Kekaisaran Bizantium yang berhasil dikuasai. Sedang Kekaisaran Bizantium bersedia mengganti kerugian yang dialami Republik Venesia selama perang.

1636

Pasukan Swedia mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony dalam Pertempuran Wittstock di sebelah barat laut Berlin, Jerman. Di salah satu pertempuran di masa Perang 30 Tahun itu, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan Saxony harus kehilangan sekitar 5 ribu tentaranya, sedang Swedia hanya 3.100 tentara.

1777

Salah satu pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Inggris di masa Perang Revolusi Amerika meletus di Germantown, Pennsylvania, AS. Dalam pertempuran tersebut, pasukan AS pimpinan George Washington berhasil mengalahkan pasukan Inggris yang dipimpin Sir William Howe

1853

Kesultanan Ottoman menyatakan perang terhadap Kekaisaran Rusia lantaran ketegangan kedua negara yang telah berlarut-larut. Deklarasi itu lantas memicu Perang Krimea yang melibatkan beberapa negara dan berlangsung hingga 1856.

1917

Pasukan Sekutu berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Broodseinde di Broodseinde, Flandaria dekat Ypers, Belgia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu menyebabkan sekitar 30 ribu tentara Jerman dan sekitar 20 ribu tentara Sekutu meregang nyawa.

1942

Amerika Serikat diharuskan membayar pajak Perang Dunia II sebesar USD36 miliar. Adapun pajak tersebut dipakai untuk membiayai semua kebutuhan pasukan selama Perang Dunia II.

1954

Model sekaligus artis seksi Amerika Serikat, Marilyn Monroe, mengumumkan perceraiannya dengan pemain bisbol terbaik dunia, Joe DiMaggio. Dia memutuskan berpisah setelah menikah selama sembilan bulan karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

1966

Kerajaan Lesotho meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelummnya, Inggris telah menguasai Lesotho sejak 1869. Lesotho merupakan negara kecil di Afrika bagian selatan. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: