Spesifikasi Pesawat TNI AU yang Terjatuh di Lanud Adisutjipto Jogjakarta Hari Ini

BNews—NASIONAL— Sebuah pesawat milik TNI AU jenis KT-1B Wong Bee mengalami kecelakaan di lanud Adisutjipto Jogjakarta, Senin (7/12). Meski pesawat hancur, namun dua pilot dikabarkan selamat dan tengah dalam perawatan intensif tim medis.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, nama KT-1B Wong Bee dikenal sebagai pesawat andalan JAT (Jupiter Aerobatic Team). Yang banyak menampilkan pertunjukan dalam beberapa perhelatan.

Di lingkungan TNI AU, Wong Bee menjadi arsenal Skadron Pendidikan (Skadik) 102 yang ber- home base di Lanud Adisutjipto, Jogjakarta. Indonesia diketahui membeli tujuh pesawat plus suku cadang pada akhir 2003 dengan nilai kontrak USD 60 juta.

Pada tahun 2006 Indonesia kembali membeli 12 unit Wong Bee. Sementara informasi dari situs Koreaaero.com menyebutkan Indonesia membeli 17 unit.

Dengan cat warna merah putih yang khas, Wong Bee lebih dikenal khalayak sebagai pesawat JAT. Namun, sejatinya KT-1B Wong Bee mengemban peran sebagai pesawat latih dasar. Debutnya di TNI AU hadir untuk menggantikan pesawat T-34 Charlie yang usianya sudah uzur.

Meski kodratnya sebagai pesawat latih dasar, Wong Bee punya beberapa kelebihan. Diantaranya instrumen kokpit yang sudah terintegrasi antara sistem analog dan digital, sedangkan sistem avionik disokong teknologi EHSI (Electronic Horizontal Situation Indicator).

Kemudian EADI (Electronic Attitude Director Indicator), EEI, TACAN ( Tactical Air Navigation), AHRS (Attitude Heading Reference System), radio UHF / VHF hingga IFF (Identification Friend or Foe). Singkat kata, Wong Bee menjadi wahana yang ideal untuk melatih pilot guna kelak berpindah-pindah ke jet tempur. (ala/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: