Takut Tertular Corona, Tenaga Medis Ini Ciptakan Masker Dari Galon

BNEWS—NASIONAL— Sebuah foto seorang tenaga medis yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dari galon air mineral viral di jagad media sosial. Bukan karena kelangkaan APD, galon plastik yang dikenakan di kepala dipercaya lebih aman terhadap risiko penularan virus korona.

Dalam foto tersebut, terlihat dua tenaga kesehatan. Keduanya nampak mengenakan APD coverall berwarna kuning putih. Lengkap dengan sepatu boot, sarung tangan lateks dan masker N95. Hanya saja, salah satu diantara mereka menambahkan galon di bagian atas untuk melindungi kepala.

Setelah ditelusuri, identitas orang yang mengenakan galon sebagai masker sekaligus helm pelindung itu diketahui bernama dokter Victor Manuhutu. Ia wira-wiri bekerja di sejumlah rumah sakit di Jayapura, Papua. Diantaranya di RSUD Jayapura, RS Bhayangkara Tingkat III dan RS Provita.

Meski mengenakan galon, aksinya tersebut bukan diakibatkan kelangkaan atau kekurangan APD. Ia mengatakan bila ketersediaan stok APD bantuan dari pemerintah masih cukup.

”Stok APD di Provinsi Papuamasih cukup banyak dan aman,” ungkap dr Victor.

APD dari galon tersebut sengaja dibuat oleh Victor. Hasil kreasinya secara pribadi diyakini menambah rasa aman di tengah pandemi virus korona. Apalagi dengan intensitas dan risiko yang sangat tinggi saat menangani pasien korona di rumah sakit.

”Covid-19 itu droplet pintu masuk utamanya dari mulut dan hidung. Kalau proteksi benar seperti ini akan lebih baik rasanya. Dan sebelum mengenakan galon yang dimodifikasi, saya lebih dulu mengenakan face shield dan masker N95,” kata dia.

Meski stok APD di Papua masih aman, Victor menegaskan pemakaian APD harus dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pasien korona di Papua.

”Pemakaian jangan berlebihan tapi jangan juga tak pakai APD sama sekali,” pungkas dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: