Berkunjung ke Magelang Dirjen Kebudayaan Disambut Soreng

BNews–MAGELANG-– Magelang mendapat kunjungan Himar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementiran Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI kemarin (22/12/2020). Kedatangannya disambut dengan tarian khas Kabupaten Magelang yakni Soreng.

Kehadiran Hilmar Farid ini sebagai salah satu bentuk apresiasi pihak Kemendikbud terhadap Festival Kesenian Rakyat Pasedhuluran Borobudur. Dimana kegiatan tersebut dalam rangkain Ruwat Rawat Borobudur yang sudah berlangsung selama 18 tahun.

Kunjungan tersebut dilakukan di Dusun Mranggen Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Tarian Soreng dari kelompok seni Wahyu Krido Budoyo dari dusun setempat menyambut kedatangan rombongam.

Perlu diketahui kelompok soreng tersebut merupakan juara kedua dalam Festial Kesenian tersebut pada tahun 2020.

“Tarian soreng yang ditampilkan tersebut merupakan representasi dari kegiatan sehari hari warga Dusun Mranggen sebagai petani sayuran,” ungkap Ketua Festival, Eri Kusumawardhani.

Gerakan gerakan dari tarian tersebut lanjutnya diadaptasi dari kegiatan petani yang juga dikombinasikan dengan cerita relief Borobudur.

 “Konsep yang khusus dibuat untuk menyambut kehadiran tamu istimewa tersebut diigarap oleh penata tari dan musik iringan dari Brayat Panangkaran yakni Hanari, beserta istri dan anaknya ibu Dwi dan Yola yang ikut menari,” paparnya.

Loading...
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid saat memberikan sambutan di Pakis Magelang (22/12/2020)
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid saat memberikan sambutan di Pakis Magelang (22/12/2020)

Dalam kunjungannya tersebut, Hilmar menerima hasil dari festival tersebut. Eri berharap Kegiatan Festival Kesenian Rakyat dan tentunya Ruwat Rawat Borobudur akan terus berlanjut dan semakin baik.

Pentas Soreng tersebut berdurasi 20 menit dan sangat di apresiasi oleh Hilmar Farid.

“Saya sangat terkesan dan bangga dengan adanya Festival Kesenian Rakyat dalam rangka Ruwat Rawat Borobudur. Dimana kegiatan ini telah memberikan manfaat bagi banyak orang terutama pelaku seni dan budaya bahkan warga sekitar,” tutupnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: