Teknologi Makin Canggih, Berbagai Pekerjaan Ini Diprediksi Akan Hilang di Masa Depan

BNews—NASIONAL—Seiring perubahan zaman, kemajuan teknologi berkembang pesat. Dalam era Revolusi Industri 4.0 ini kita dituntut untuk tetap efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran teknologi menjadikan setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah. Dibandingkan tanpa adanya teknologi seperti sebelumnya.

Kendati demikian, dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan seperti automasi dan kecerdasan buatan, hadirnya teknologi juga memberikan dampak negatif untuk manusia.

Sebab teknologi lambat laun menggeser posisi manusia di dunia kerja. Berikut macam-macam pekerjaan yang diprediksi akan hilang di masa depan, dilansir dari berbagai sumber :

Kasir

Kasir adalah profesi yang saat ini bisa ditemukan di berbagai tempat perbelanjaan. Namun berdasarkan studi yang dilakukan oleh layanan finansial Cornerstone Capital Group, dalam sepuluh tahun ke depan, robot dan teknologi diprediksi akan menggantikan 6 hingga 7,5 juta pekerja ritel.

Angka ini mengancam setidaknya 38% dari pekerja bidang ritel yang ada saat ini yaitu sebanyak 16 juta orang. Akibatnya, porsi pekerjaan yang hilang di sektor ritel bisa lebih besar dari manufaktur.

Proses otomasis yang terjadi di sektor ritel ini akan lebih banyak memakai proses pembayaran otomatis sebagai pengganti kasir.

Telemarketing

Keberadaan telemarketer tak akan lama karena saat ini pemasaran jarak jauh sedang ini. Kendati belum ada prediksi mengenai kapan dan bagaimana penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot.

Pekerjaan ini cenderung menurun hari demi hari. Karena orang sudah mulai merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing, kasus penipuan oleh telemarketing, hingga pencurian database.

Travel Agen

Di era digital seperti sekarang, hampir 70 persen calon wisatawan dunia melakukan search and share secara digital, dan 30 persennya melakukan booking secara online. Jika tidak diantisipasi dan tidak bertransformasi ke digital, usaha-usaha seperti agen travel manual tidak lama lagi akan hilang.

Tukang Ketik

Adanya teknologi yang mampu mengubah suara menjadi teks, membuat pekerjaan mengetik kurang digunakan lagi. Di masa lalu, pekerjaan ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Namun dimasa depan, saat seluruh smartphone sudah dilengkapi oleh teknologi otomatisasi seperti mengubah menjadi teks, maka pekerjaan tukang ketik tak akan ada lagi. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: