TikTok Uji Coba Fitur Tip untuk Konten Kreator, Apa Itu?

BNews—TEKNOLOGI— TikTok dikabarkan tengah menguji fitur tip di platformnya. Dengan fitur ini, memungkinkan pembuat konten menerima uang dari penggemar di luar streaming TikTok LIVE.

Perusahaan mengkonfirmasi fitur tersebut adalah bagian dari tes terbatas untuk saat ini dan belum tersedia secara luas.

Kreator TikTok Jera Bean, saat pertama kali melihat fitur tersebut akhirnya memposting video yang menampilkan opsi baru itu. Kemudian disorot oleh konsultan media sosial Matt Navarra di Twitter.

Pada video milik Jera Bean tersebut, menunjukkan fitur baru di pengaturan akun TikTok-nya dan layar tempat TikTok merinci persyaratannya. Diketahui bahwa kreator TikTok dapat menjadi bagian dari pengajuan fitur baru ini dengan mengajukan permohonan.

Setelah sebelumnya memenuhi syarat tentang jumlah pengikuti setidaknya 100.000 orang dan bereputasi baik. Setelah kreator mengirimkan pengajuan untuk mengaktifkan fitur tersebut, mereka akan diberi tahu saat akun mereka disetujui.

Kreator yang telah disetujui akan diberikan tombol Tips di profilnya, yang dapat digunakan pengikutnya untuk mengirimkan pembayaran langsung. Halaman Tips juga mencatat bahwa uang yang diterima oleh pembuat konten akan langsung diberikan kepada mereka dan TikTok tidak akan dipotong.

Kendati demikian, belum diketahui apakah TikTok berencana untuk mengambil bagian dari Tips pembuat di masa mendatang. Jika fitur tersebut berkembang melewati tahap pengujian, tetapi sepertinya itu mungkin.

“Kami selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” kata juru bicara TikTok.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Fitur Tips adalah dorongan terbaru TikTok menuju monetisasi dan membantu pembuat konten mencari nafkah melalui platformnya. Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan dana $200 juta yang ditujukan untuk membantu pembuat konten di AS menambah penghasilan mereka.

TikTok juga membantu pembuat konten menandatangani kemitraan merek dan kesepakatan sponsor dan juga menyediakan monetisasi untuk streaming langsung. Mempertimbangkan fokus TikTok pada upaya monetisasi, tidak mengherankan jika perusahaan bereksperimen dengan cara bagi pembuat konten untuk secara langsung menerima uang dari pengikut mereka.

Kendati demikain, Tiktok bukan satu-satunya platform media sosial yang ingin menawarkan lebih banyak cara kepada pembuat konten untuk menghasilkan uang. Karena opsi Tips baru mirip dengan fitur “Tip Jar” Twitter yang diluncurkan awal tahun 2021 ini.

Fitur “Tip Jar” Mirip dengan pendekatan fitur Tip TikTok, tersedia untuk sekelompok pengguna tertentu termasuk organisasi nirlaba, jurnalis, pakar, dan pembuat konten.

Fitur Tip langsung TikTok dan Twitter tampaknya menjadi cara bagi perusahaan untuk bersaing dengan platform digital lain. Seperti Instagram dan YouTube, yang menawarkan cara yang menguntungkan bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang. (*)

Sumber: TechCrunch

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: