VIDEO Gerhana Matahari Cincin di Magelang

BNews–MAGELANG– Kejadian lima tahun sekali yakni Gerhana Matahari Cincin terjadi siang ini (26/12). Bagi kalian yang belum bisa melihatnya secara langsung tidak perlu khawatir.

Kali ini channel Borobudur News TV berhasil mengabadikan moment langka tersebut berupa video. Video yang diambil dari sekitaran Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang ini tampak sangat jelas menggunakan kamera dengan lensa filter khusus.

Pengambilan video dimulai pukul 11.30 wib hingga pukul 13.00 wib. Dan tim kreatif Borobudur News TV sudah mengemasnya semenarik dan sejelas mungkin.

Berikut videonya :

Masyarakat Indonesia juga bisa mengamati momen gerhana matahari cincin yang berbentuk lingkaran menyerupai cincin itu di wilayah-wilayah tertentu misalnya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, dan juga sebagian dari Kalimantan Barat bagian utara, yaitu Kabupaten Singkawang.

Untuk Gerhana Matahari sebagian bisa terlihat dari seluruh wilayah Indonesia, tergantung lokasi pengamatan misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80% sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70-80%.

Sementara itu wilayah lain di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20% di wilayah selatan Papua. Misalnya untuk di Bandung, bulan menutupi 70% permukaan matahari.

Di Jakarta gerhananya mencapai sekitar 72%. semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar. (bsn/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: