IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Warga Salam Temukan Reruntuhan Peninggalan Mataram Kuno

BNews—SALAM— Warga Dusun/Desa Mantingan Kecamatan Salam digegerkan penemuan sejumlah bongkahan batu besar. Diduga batu itu merupakan bagian sebuah bangunan peninggalan mataram kuno.

Penemuan oleh pekerja lokasi ini terjadi kemarin 24 Juli lalu. Ada sekitar 20 bongkahan batu berukuran besar. Beberapa ada yang membentuk relief.

Dwi Yatimantora, seorang Pemerhati Budaya dari Paguyuban Sastro Jendro Hayuningrat mengungkapkan  untuk selanjutnya masih dalam tahap perlindungan dan penelitian. “Struktur Candi utuh. Dari bebatuan juga terlihat besar, Estimasi sisa reruntuhan  kerajaan Mataram Hindu kuno,” pungkasnya.

Struktur candi itu, kata dia sama dengan candi-candi yang ada di Kawasan salam. “Di KawasanSalam ini memang banyak ditemukan candi semacam ini,” kata dia.

Loading...

Mengetahui temuan ini, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah bersama Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Ahmad Husaein serta Kapolsek Salam AKP Maryadi meninjau penemuan tersebut di lapangan.

Kapolsek Salam AKP Maryadi menceritakan penemuan ini ketika pemilih tanah Nurhadi akan membuat sebuah kolam ikan menggunakan alat berat. “Saat petugas alat berat menggali ternyata membentur sebuah batu keras dan besar, selama seminggu pengerjaan tidak ada kecurigaan dan saat alat berat berhasil mengangkat sebanyak 20 bongkahan batu ternyata ukurannya sama semua dan terdapat ukiran,” katanya.

KUNO : Sejumlah bebatuan yang ditemukan memiliki gambar dan relief. (Foto : istimewa)

Setelah mengetahui kejadian tersebut, petugas alat berat melaporkan kepada pihak Kantor Desa Mantingan. “Selanjutnya pihak Desa melaporkan secara berjenjang ke Kecamatan dan Kabupaten sehingga sampai ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah,” imbuhnya.

Ahmad Husaein saat melakukan peninjauan mengatakan bahwa pihaknya langsung melaporkan kepada Bupati Magelang dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah untuk di tindak lanjuti. (bsn/bn1)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: