Daftar 23 Pinjaman Online Ilegal yang Digerebek Polisi di 1 Ruko Sleman

BNews—JOGJAKARTA—  Praktik bisnis pinjaman online alias pinjol sedang gencar-gencarnya diberantas polisi. Operasi pinjol ternyata juga dilakukan di dekat Kabupaten Magelang, yakni kawasan Sleman Jogjakarta.

Pinjol ilegal diketahui sangat meresahkan masyarakat. Selain kerap menebar teror ke nasabah, pengelolaan bisnis ini juga kerap dilakukan secara tidak layak.

Polisi dari Unit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar misalnya, menguak 23 pinjol ilegal yang dikelola dan dioperasikan dari 1 rumah kantor atau ruko di Jogjakarta. Dari penggerebekan di lokasi itu, polisi mengamankan 83 orang.

Dirreskrimsus Polda Jabar, Kombes Arif Rahman menjelaskan, operasi penggerebekan ke ruko di wilayah Samirono, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogjakarta itu bermula dari laporan seorang nasabah pinjol.

Menurutnya, nasabah berinisial TM yang sedang tergolek di rumah sakit itu mengaku diteror debt collector pinjol. Setelah laporan diterima, polisi pun melakukan penyelidikan dan penindakan.

”Kita lakukan pendalaman, langsung dengan mencari keberadaan pelaku Pinjol yang meneror korban,” kata Arif, Kamis (14/10).

”Dari operasi itu tim gabungan pun langsung gerebek sebuah ruko, dan berhasil mendapati adanya praktik Pinjol ilegal tersebut,” sambungnya.

Polisi turut mengamankan barang bukti berupa ratusan ponsel dan komputer. Menurut Arif, perusahaan pinjol tersebut menjalankan 23 aplikasi pinjol ilegal. Berdasarkan data kepolisian, selain 23 aplikasi pinjol ilegal, ada satu lainnya yang terdaftar di OJK.

”Ada 23 pinjol ilegal dan satu yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” jelasnya. Berikut daftar 23 pinjol yang digerebek tersebut:

  1. WALLIN
  2. TUNAI CPT
  3. DANATERCEPAT
  4. PINJAM UANG
  5. KANTONG UANG
  6. SUMBER DANA
  7. WADAH PINJAMAN
  8. SAKU88
  9. PAHLAWAN PINJAMAN
  10. PINJAMAN TEMAN
  11. KREDIT KITA
  12. BOS DUIT
  13. MONEY GAIN
  14. DOKUKU
  15. DAILY KREDIT
  16. TARIK TUNAI
  17. UANG INSTAN
  18. TUNAI GESIT
  19. KAPTEN PINJAM
  20. DANA HARAPAN
  21. DUIT LANGIT
  22. COINZONE
  23. SAKU UANG
  24. ONEHOPE (terdaftar di OJK). (ifa/han)

Sumber: Kumparan

1 Comment
  1. Mampos says

    Mampos!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: