Hujan Disertai Angin Kencang Akibatkan Bencana Alam Di Magelang, Puluhan Rumah Rusak

BNews—MAGELANG– Hujan deras disertai angin kencang melanda kembali di sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang (12/3/2021). Akibatnya beberapa bencana alam terjadi dan mengakibatkan puluhan rumah rusak dan akses jalan tertutup.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edi Susanto membenarkan kejadian bencana alam tersebut. “Benar terjadi dan bencana alam terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Grabag dan Kajoran,” katanya.

Disebutkannya untuk wilayah di Kecamatan Grabag terjadi antara lain di wilayah Dusun Bono Desa Baleagung, Dusun Pesidi Desa Pedisi, dan Dusun Sujan Desa Salam.

“Untuk di Dusun Bono ada satu rumah rusak akibat tertimpa rumpun bambu yang tumbang. Sementara di dua dusun lainnya akses jalan sempat tertutup karena pohon tumbang,” paparnya.

Terparah di Kecamatan Kajoran, Edi menyebutkan terdapat rumah rusak sebanyak 19 unit di Dusun Ngelo Desa Pucungreto Kajoran karena tertimpa pohon. Ada juga 15 rumah rusak akibat atap berterbangan dan tertimpa pohon.

“Kronologi bermula hujan deras disertai angin terjadi sekitar pukul 14.00 wib hingga sore hari. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan atap rumah beterbangan. Ada juga pohon tumbang menimpa jaringan listrik di daerah Grabag dan menutup akses jalan,” paparnya.

Edy menyebutkan beberapa petugas BPBD Kabupaten Magelang dibantu warga dan relawan mulai mengkondisikan.

“Sampai Jumat malam sejumlah relawan masih membersihkan pohon pohon yang tumbang. Dan sisanya akan dilanjutkan kerja bakti Sabtu pagi,” tandasnya.

Sementara pantauan Borobudurnews.com, sejumlah air selokan terpantau juga meluap ke jalanan. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Kaliangkrik dan Grabag. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: