Hujan Lebat, Talut Hingga Dapur Rumah di Salaman Amblas

BNews—SALAMAN— Hujan dengan intensitas lebat yang berlangsung seharian mengakibatkan sebuah dinding talut di Bebengan, Sriwedari, Salaman, Kabupaten Magelang, ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun sebuah dapur rumah milik Priyanto, amblas bersama dengan talut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada hari Rabu dini hari, (19/1)

Sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelumnya, di Kecamatan Salaman dan sekitarnya terjadi hujan lebat dengan durasi waktu cukup lama.

”Hujan lebat terjadi sejak Selasa (18/2) siang hingga sore mengakibatkan talud rumah bagian dapur milik bapak Priyatno amblas sehingga dinding dapur ikut amblas,” jelasnya.

Pascaperistiwa tersebut, petugas langsung terjun ke lapangan untuk melakukan kaji cepat. Tindakan pembongkaran sisa dapur rumah langsung dilakukan.

”Pembongkaran dilakukan atas inisiatif pemilik rumah karena kondisi dapur membahayakan, hampir roboh,” papar dia

Menurut dia, dengan intensitas hujan yang masih terus terjadi, pihaknya menghimbau pemilik rumah dan warga sekitar talut meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, bukan tidak mungkin akan terjadi longsor susulan.

”Iya, masih berpotensi terjadi gerakan tanah (amblas) apabila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” ungkapnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: