IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ini Tujuh Wisata Sunrise Terbaik di Magelang

BNews—MAGELANG – Wilayah Kabupaten Magelang dikelilingi Gunung dan Pegunungan. Berbagai tempat wisata alam menarik disuguhkan untuk para wisatawan.

Tidak ketinggalan wisata Sunrise, dimana tempat yang bagus untuk menyambut matahari terbit dimana  akhir-akhir ini menjadi primadona kalangan milineal maupun wisatawan luar. Kali ini Borobudur News mencoba memberikan tujuh tempat rekomendasi untuk menikmati wisata Sunrise di Kabupaten Magelang :

  • Gununggono
Sunrise di Wisata Alam Gununggono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang (Foto-- Borobudur News)
Sunrise di Wisata Alam Gununggono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang (Foto– Borobudur News)

Sebuah bukit yang berlokasi di Desa Wisata Banyubiru Kecamatan Dukun ini memang juara untuk menikmati sunrise pada bulan bulan Juni hingga Oktober. Bukit yang berhadapan langsung dengan Gunung Merapi dan Merbabu ini memperlihatkan matahari terbit yang muncul dari celah kedua gunung besar tersebut.

Loading...

Sambil menikmati kopi dan sarapan bubur bisa dilakukan di puncak bukit Gununggono ini sekaligus malam sebelumnya wisatawan bisa camping di atas bukit ini.

  • Punthuk Setumbu
Sunrise di Wisata Alam Punthuk Setumbu Borobudur (Foto-- @rds_godsavethelelye )
Sunrise di Wisata Alam Punthuk Setumbu Borobudur (Foto– @rds_godsavethelelye )

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut. Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang memukau bagi para wisatawan. Karena itu tak heran jika tempat-tempat wisata yang menyajikan pemandangan sunrise selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Punthuk Setumbu yang berada di lereng pegunungan Menoreh ini masuk kawasan Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Dan akhir-akhir ini menjadi pilihan lain selain ke Candi Borobudur.

Bagi wisatawan maupun fotografer yang ingin mengabadikan sunrise dari Punthuk Setumbu, maka waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti mendung sehingga bisa mendapatkan momen yang indah. Selain itu trek menuju bukit tidak becek seperti saat musim hujan. Sedangkan jika ingin memotret Candi Borobudur berselimutkan kabut, pengunjung bisa datang kapan saja.

  • Wisata Alam Mangli
Sunrise di Wisata Alam Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang (Foto-- Ajar Buruh Foto)
Sunrise di Wisata Alam Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang (Foto– Ajar Buruh Foto)

Wisata Mangli terletak di Dusun Mangli, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gerbang Awal Desa Wisata Mangli dengan ciri khas miniatur tugu monas, menyapa dengan ramah pengunjung. Di sepanjang jalan kampung pengunjung akan slalu disapa “monggo pinarak”. Keramahan penduduk langsung terasa di sepanjang jalan. Untuk mencapai lokasi wisata bisa ditempuh dengan motor atau jalan sehat sekitar 600 m.

Mangli yang terletak pada ketinggian 1.570 mdpl menyajikan pemandang alam disekitarnya, pegunungan, hutan, air terjun, agrobisnis sayuran, pelestarian satwa dan aktifitas rutin penduduk setempat. Wisatawan bisa melihat sembilan gunung dengan pernak perniknya dari satu titik, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Giyanti, Gunung Tidar, Gunung Menoreh dan Gunung Sumbing.

Wisatawan juga bisa menikmati golden sun rise dengan cuaca sejuk dan asri. Karena lokasinya berada di kawasan lereng gunung Sumbing Magelang.

  • Gunung Andong
Sunrise diPuncak Gunung Andong Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang (Foto--Istimewa)
Sunrise diPuncak Gunung Andong Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang (Foto–Istimewa)

Nama Gunung Andong sudah tak asing lagi bagi masyarakat Magelang, Yogyakarta dan sekitarnya. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan gunung lain yang lebih populer, seperti Gunung Merbabu dan Merapi.

Gunung Andong terletak di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Di sekeliling juga tampak 7 puncak nan gagah antara lain Gunung Telomoyo, Merbabu, Merapi, Ungaran, Sindoro, Sumbing dan Prau. Pengalaman menikmati golden sunrise di Gunung Andong akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

  • Gunung Telomoyo
Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo via Pandean Ngablak Kabupaten Magelang (Foto--Istimewa)
Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo via Pandean Ngablak Kabupaten Magelang (Foto–Istimewa)

Gunung Telomoyo mungkin masih terasa asing di telinga bagi beberapa traveler, berbeda dengan gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia. Gunung Telomoyo sendiri lokasinya cukup terjangkau karena berdekatan dengan beberapa kota-kota besar seperti Semarang dan Solo.

Salah satu spot berburu sunrise Gunung Telomoyo adalah di kawasan Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Untuk mendapatkan view sunrise, wisatawan harus berangkat dini hari sebelum matahari terbit. Traveler juga tidak disarankan untuk kemping di Gunung Telomoyo karena tidak ada lahan yang disediakan untuk mendirikan tenda.

  •  Punthuk Mongkrong
Sunrise di Punthuk Mongkrong Borobudur (Foto--@Abibagas21)
Sunrise di Punthuk Mongkrong Borobudur (Foto–@Abibagas21)

Punthuk Mongkrong berlokasi di Dusun Kamal, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Punthuk sendiri dalam bahasa Jawa berarti gundukan tanah.

Kamu bisa masuk ke lokasi ini hanya dengan Rp 5.000 per orang dan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000. Salah satu spot ikonik dari Punthuk Mongkrong adalah jembatan bambu berbentuk V yang menjorok ke jurang.

Di sini kamu bisa memandangi matahari yang terbit di antara Gunung Merbabu dan Merapi.

  • Gunung Giyanti
Sunrise di Puncak Gunung Giyanti Windusari Magelang (Foto--Agung Arju )
Sunrise di Puncak Gunung Giyanti Windusari Magelang (Foto–Agung Arju )

Bagi kamu yang mau mencoba mendaki, Gunung Giyanti dengan ketinggian 1200 mdpl cocok untuk pemula. Gunung Giyanti berlokasi di Dusun Malanggaten, Desa Balesari, Kecamatan Windusari. Di sini kamu bisa melihat matahari terbit dengan latar belakang Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Dari kejauhan kamu juga bisa melihat Candi Selogriyo yang historis. Pepohonan yang hijau terhampar luas sejauh mata memandang. Udaranya yang sejuk akan meluruhkan segala penat di pikiranmu.

Itulah tujuh tempat rekomendasi Wisata Berburu Golden Sunrise di Kabupaten Magelang versi Borobudur News. Sebenarnya masih banyak tempat di Magelang untuk menikmati moment berharga ini. Jadi kalian tertarik yang mana?? Silahkan atur jadwal kalian. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: