Kabupaten Magelang Bakal Terima 3.200 Dosis Vaksin Covid-19, Dinkes : Untuk SDM Kesehatan

BNews—MAGELANG—Kabupaten Magelang diperkirakan akan menerima 3200 dosis vaksin sinovac tahap pertama. Nantinya, ribuan vaksin itu diperuntukan bagi tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) kesehatan di wilayah Kabupaten Magelang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Survelian dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo, saat konferensi pers penanganan Covid-19, Jumat (8/1/2021). Dia menyebut bahwa informasi itu didapat dari sistem informasi SMILE, dimana aplikasi itu terkait dengan aset atau logistik.

”Informasi itu dinamis ya dan data terbaru yang kami terima dari smile terkait vaksin Covid-19. Rencananya, kita dapat vaksin sinovac sebanyak 3200 dosis,” katanya.

Dia menjelaskan, melalui sistem informasi smile, diketahui bahwa Kabupaten Magelang mendapat sembilan item. Selain vaksin sinovac sebanyak 3200 dosis, juga mendapat sinovac MDV 3200 dosis, ADS 0,5 mililiter 3200 buah, Safety box 5 mililiter 85 buah, Alcohol swab 3200, Masker medis 320, Face shiled 320, Sarung tangan 3200 dan Coverall 320.

”Untuk penerima vaksinasi tahap pertama itu, Yang perlu dipahami, bukan semata-mata tenaga kesehatan tapi SDM kesehatan termasuk supir ambulan. Ada juga tenaga supportif di rumah sakit dan puskesmas itu juga mendapat prioritas,” jelasnya.

Sementara untuk lokasi vaksinasi, kata Dwi, saat ini ada 51 fasilitas kesehatan yang siap melayani untuk pelaksanaan vaksinasi itu. Terdiri dari 29 puskesmas, dua Rumah Sakit Negeri, 18 klinik swasta dan dua Rumah Sakit swasta.

Sedangkan tenaga vaksinatornya, kini telah dilatih sebanyak 61 orang. ”Mereka terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Untuk tahap pertama, telah dilatih sebanyak 27 dokter. Tahap kedua 7 perawat dan tahap ketiga ada 27 bidan,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: