Kantor Imigrasi Magelang Resmi Dibuka

BNews—MUNGKID— Kantor Imigrasi unit kerja kelas II Wonosobo cabang Magelang diresmikan pagi tadi (3/4). Peresmian langsung dilaksanakan oleh Direktur Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Ronny F Sompie didampingi PJS Bupati Magelang Tavip Supriyanto.

“Dengan diresmikan kantor imigrasi di Magelang ini akan mempermudah layanan kepada masyarakat khususnya Magelang, dimana dulunya terkendala oleh jarak,” ungkap Pjs Bupati Tavip Supriyanto dalam sambutannya.

Tavip menambahkan, bahwa kantor Imigrasi ini telah digagas sejak tahun 2014 lalu. “Dan baru awal tahun 2018 tepatnya 9 Februari kemarin dilaksanakan penanda tanganan kerja sama antara Pemda Magelang dengan Dirjen Imigrasi,” imbuhnya.

“Dan saya harapkan dengan adanya kantor ini, kami berharap minimal dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dan dunia usaha, serta dunia pariwisata di Kabupaten Magelang,” tandasnya.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Ibnu Chuldun, mengatakan bahwa, diantara unit pelayanan paspor yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Magelang adalah yang paling proporsional. “Unit kerja kantor imigrasi Kabupaten Magelang ini selain di fasilitasi sarana dan prasarana yang sangat baik, juga disiapkan dua rumah dinas yang bisa kita gunakan,” katanya.

Peresmian dilakukan dengan pemutusan peta pada pintu masuk kantor oleh Ronny F Sompie. “Saya perlu sampaikan bahwa jumlah kantor imigrasi yang ada di Indonesia masih belum sebanding dengan jumlah Kabupaten dan Kota, dimana saat ini baru terdapat 125 kantor imigrasi di Indonesia,” ungkap Ronny F Sompie kepada awak media.

“Kita ketehaui bersama bahwa jumlah kantor kabupaten dan kota se Indonesia kurang lebih ada 500, sehinga dalam pelayanan dokumen imigrasi seperti paspor kepada masyarakat mengalami kendala, kebanyakan terkendala karena jarak kantor yang jauh,” imbuhnya.

Ronny juga mengaskan bahwa kantor imigrasi tidak hanya untuk mengurus dokumen keimigrasian, namun juga mengawasi keberadaan warga asing di wilayahnya. “Hal ini juga menjadi perhatian khusus, dimana peran serta masyarakat dan Pemda untuk mengawasi warga asing maupun lembaga-lembaga asing yang masuk diwilayahnya,” paparnya.

“Nanti jika ada yang harus ditindak dan ditangani tentunya pihak imigrasi akan berkerja sama dengan Satpol PP dibawah pimpinan Bupati,” pungkasnya.

Kantor imigrasi ini berada di Jalan Soekarno Hatta Sawitan Kota Mungkid. Tepatnya didepan Polres Magelang.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: