Ketahui 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

BNews—KESEHATAN— Menjaga kesehatan gigi dan mulut tak hanya sekadar menggosok gigi setiap hari. Anda perlu memilih sikat gigi yang tepat hingga berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin.

Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, kebiasaan yang baik ini juga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa Anda lakukan:

1. Memilih sikat gigi yang tepat

Pemilihan sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman digunakan.

Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang Anda pilih memiliki ujung yang kecil membulat. Jika sudah 3 bulan digunakan, Anda sebaiknya mengganti sikat gigi tersebut.

Tak hanya memperhatikan bentuk dari sikat gigi, cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut Anda. Anda disarankan untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi.

Selain itu, Anda juga disarankan meluangkan waktu selama 2 menit untuk menggosok gigi dan lidah secara keseluruhan. 

2. Mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

3. Menghentikan kebiasaan merokok

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok.

4. Menggunakan obat kumur

Agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, Anda dapat menggunakan obat kumur setelah makan atau sebelum tidur. Obat kumur dipercaya mampu membersihkan area gigi atau mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi atau flossing.

Selain itu, obat kumur juga dapat mengurangi risiko gigi dan mulut terkena berbagai keluhan lain, seperti radang gusi, gigi kuning, bau mulut, dan plak gigi.

Sebelum berkumur, sikatlah gigi Anda terlebih dahulu agar tidak menghambat kerja chlorhexidine dalam obat kumur. Setelah itu, tuangkan obat kumur sebanyak 2 sendok teh ke dalam tutup botol. Berkumurlah selama 1 menit lalu keluarkan dari mulut.

5. Berkonsultasi ke dokter gigi secara teratur

Kebiasaan sehari-hari di atas penting untuk diterapkan sebagai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Meski demikian, Anda disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu memenuhi asupan makanan bergizi, seperti buah dan sayuran, serta minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per hari.

Sumber: alodokter

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: