IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Mesin ATM BNI di Kota Magelang Dibobol Pencuri, Pelaku Ditangkap

BNews—MAGELANG—Seorang pelaku pencurian uang di mesin atm berhasil diamankan jajaran Polres Magelang Kota, pada Senin (13/7/2020). Diketahui pelaku berinisial RG, 40, warga Kecamatan Gladasari Kabupaten Boyolali.

Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan menuturkan, pelaku beraksi pada Senin (13/7/2020) sekitar Rp 10.50 WIB. RG beraksi di sekitar RST Soedjono, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

”Tepatnya di salah satu mesin atm Bank BNI di dekat  RST Soedjono,” kata Nugroho dalam konferensi pers hasil operasi sikat jaran candi tahun 2020 di Mako 1 Polres Magelang Kota, hari ini (3/8/2020) pagi.

Ia menjelaskan, modus pelaku yakni melakukan proses penarikan sebagaimana orang pada umumnya menarik uang dari ATM. RG memasukkan kartu ATM miliknya ke mesin, kemudian memasukkan passwordnya dan memilih nominal pengambilan Rp. 2,4 juta.

”Saat uang diproses untuk keluar dari mesin ATM yakni saat uang sudah berada di exit sutter (pintu keluar uang), pelaku mengganjal exit sutter menggunakan obeng yang membuat transaksi berhenti dan muncul tulisan ’transaksi gagal’,” jelas dia.

Setelah keluar pemberitahuan tersebut di layar monitor mesin ATM, pelaku mengambil kartu atmnya. Sementara untuk saldo pelaku tidak berkurang meskipun uang sudah berada di exit sutter.

”Untuk mengambil uang dibagian penjepit uang, pelaku menggunakan kawat dan berhasil mengambil uang pecahan RP 100 ribu sebanyak 23 lembar,” papar Nugroho.

Loading...

Lanjut dia, pelaku yang sudah berhasil mengambil uang kemudian pergi dari ATM tersebut. Tak berselang lama, pihak vendor pengisian uang ke dalam mesin ATM melaporkan kejadian kerusakan sistem di mesin ATM kepada pihak kepolisian.

”Saat setelah mendapat laporan, petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku yang saat itu masih berada di sekitar TKP,” tandas Nugroho.

Kasatreskrim Polres Magelang Kota, AKP I Dewa Gede Ditya Krisnanda menuturkan pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksi tersebut. ”Menurut keterangan, pelaku mengakui modus yang dipakainya tersebut diajari oleh temannya,” tutur Dewa.

Namun pelaku juga mengaku sempat belajar juga dari Youtube. Karenanya, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Download Musik Keren Disini

Untuk barang bukti yang berhasil diamankan, antara lain uang pecahan Rp 100 ribu sebanyak 23 lembar, kartu ATM bank BRI, satu unit sepeda motor beat yang digunakan pelaku, helm, jaket, sarung tangan, obeng dan exit shutter mesin atm.

”Sebelumnya pelaku membuang obeng dan kawat di sungai sekitar TKP. Saat penangkapan, kami lakukan pencarian barang bukti dan ketemu obengnya saja sedangkan untuk kawat, sejauh ini belum kami temukan,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: