Pengamanan Jalur Wisata Diperketat Oleh Polres Magelang

BNews–MAGELANG– Sejauh ini kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Magelang relatif kondusif, meskipun demikian harus diantisipasi pada akhir pekan. Yakni pada hari-hari libur dan tanggal merah selain Minggu.

Hal tersebut mengingat untuk wilayah Kabupaten Magelang ini banyak didatangi oleh masyarakat dari luar daerah, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Kunjungan masyarakat luar itu  seiring dengan tingkat kesembuhan Covid-19, di mana penyebaran virus yang cenderung semakin menurun. Sehingga pengamanan jalur Semarang-Jogja dan juga jalur ke objek wisata Candi Borobudur, Mendut, dan obyek wisata lainnya di Kab.upaten Magelang perlu ditingkatkan.

Demikian disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K saat Apel Jam Pimpinan di halaman depan Mapolres Magelang, Senin (11/10/2021).

Kapolres menandaskan bahwa dalam melaksanakan tugas pengamanan, patroli, dan sambang warga merupakan suatu keharusan. Karena hal itu sebagai aktualisasi dari kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan demikian anggota Polri wajib aktif hadir berada di tengah-tengah masyarakat,” tandas Sajarod.

Ditekankan Kapolres, di jalur Semarang-Jogja dan juga jalur ke objek wisata Candi Borobudur Mendut dan candi-candi yang lainnya itu perlu kita antisipasi lebih awal. Terutama di simpul simpul atau persimpangan jalan besar, seperti di pos Polisi Secang; Pos Armada kemudian Pos Palbapang sampai dengan Pos perbatasan di Salam. Kapolres meminta di evaluasi lagi dan ditempatkan personil yang memadai.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Pak Kasat lantas untuk penempatan personil di sana tetap tidak boleh di geser ke mana-mana” tandas Kapolres.

Sedangkan guna antisipasi terjadinya krodit  pada hari-hari libur dan setiap Sabtu dan Minggu, Kapolres memerintahkan peleton siaga agar ditempatkan di seputaran Pos Polisi Candi Borobudur. Khususnya yang berseragam untuk melaksanakan patroli dan termasuk patroli di lokasi objek wisata yang baru; antara lain balkondes- balkondes yang menyebar di setiap desa wisata Borobudur.

“Silakan Pak Kabagops bisa diberdayakan apabila tidak ada kegiatan pengamanan seperti halnya kemarin Mesa stila; bisa ditempatkan di area Taman wisata Borobudur. Yakni untuk melaksanakan kegiatan patroli dan pelayanan kepada wisatawan, Sehingga warga yang berkunjung ke Magelang baik itu wisatawan domestik atau pun mancanegara; merasa aman dan nyaman. Itu salah satu fungsi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Dalam Apel Jam Pimpinan itu Kapolres Magelang juga mengingatkan untuk anggota dan masyarakat yang masuk Mapolres wajib scan barkode. Bagi masyarakat yang memiliki handphone dan belum unduh aplikasi PeduliLindungi, diimbau untuk mengunduhnya.

“Bagi yang belum bisa menggunakan aplikasi, akan diedukasi. Sehingga diharapkan masyarakat nantinya bisa untuk scan barcode ketika masuk Mapolres Magelang atau di tempat lain yang diwajibkan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: