Pengumuman Pemerintah Lakukan Perubahan Bentuk KK dan Akta Kelahiran

BNews–MUNGKID-– Pemerintah melakukan perubahan bentuk blangko atau kertas dokumen kependudukan. Mulai dari warna dan bahan.

Dimana kertas yang digunakan sebelumnya akan diganti dengan kertas HVS A4 80 gram. Dan kertas sebelumnya berupa lembar security hanya akan menghabiskan stok.

Hal tersebut berlaku bagi Kartu Keluarga (KK), dan akta-akat catatan sipil seperti Akta Kelahiran, Kematian dan lain sebagainya. Bahkan surat administrasi tersebut bisa dicetak sendiri atau dipirint dirumah.

Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catata Sipil Kabupaten Magelang menindak lanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan.

“Ya benar informasi tersebut,” ungkap Kabid Informasi dan Data Dispendukcapil Kabupaten Magelang, M. Ali Faiq saat dikonfrimasi Borobudurnews siang ini (3/7/2020).

Disebutkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 telah diatur secara rinci penggunaan blangko dalam penerbitan dokumen administrasi kependudukan.

Dimana dalam Pasal 14 ayat (1) Permendagri tersebut menyatakan bahwa; “Pencetakan hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1); dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada kertas dengan spesifikasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12,” dikutip dari Permen tersebut.

Loading...

“Kementerian Dalam Negeri sendiri sesuai amanah Permendagri masih membolehkan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota menggunakan blangko stok lama sampai 30 Juni 2020. Setelahnya, semua dokumen, kecuali KTP-el dan KIA sudah harus menggunakan kertas HVS A4 80 gram,” kutip kembali.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: