Tanggapi Pidato Mendikbud : Ganjar Siapkan Jateng Sebagai Pilot Project

BNews—SEMARANG- Revolusi pendidikan yang disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam rangka peringatan Hari Guru direspon cepat oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Orang nomor satu itu bakal menyiapkan Jateng sebagai Pilot Project.

Hal itu diungkapkan Ganjar Pranowo disela sela upacara Peringatan Hari Guru di SMA N 1 Semarang, pagi tadi (25/11). Menurutnya gagasan CEO Gojek itu layak untuk diaplikasikan.

Advertisements


“Mas (Menteri) Nadiem ingin memberikan ruang dan waktu lebih banyak pada guru untuk berinovasi dan berkreasi. Guru-guru diminta membuat terobosan dan menyiapkan siswanya siap saat terjun ke masyarakat,” kata Ganjar.


Dirinya menyatakan menyambut baik satu pikiran yang revolusioner tersebut. Bahkan, Ganjar menawarkan diri untuk menjadi tempat uji coba perubahan tersebut.

“Jateng siap menjadi uji coba perubahan revolusioner dalam bidang pendidikan ini,” tegasnya.

Bahkan lanjut dia, dua atau tiga tahun lalu, dirinya sudah menyampaikan ide tersebut. Dirinya membebaskan kepada para guru di Jateng untuk berkreasi dan berinovasi dalam hal pendidikan.

“Guru kita sebenarnya punya karya, namun jarang yang dioptimalkan. Maka dengan terobosan Mendigbud ini, tentu kami menyambut baik,” katanya.

Meski begitu, perubahan tidaklah mudah dilakukan. Para guru lanjut Ganjar harus disiapkan betul agar tidak kaget dan kesulitan menerima perubahan.

Ada beberapa catatan lanjut Ganjar yang perlu dilakukan dalam perubahan guru itu. Saat guru diminta berinovasi dan berkreasi, mereka terbebani dengan urusan administrasi yang rumit.

Tapi soal administrasi, tidak boleh dihilangkan, karena apapun para guru dimintai pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan publik.

“Yang perlu dilakukan mungkin beban guru dikurangi dengan cara elektronik. Kalau dikelola elektronik, tentu akan lebih mudah dan sistemnya disederhanakan. Saya berharap, pidato pak Mendikbud dapat diterapkan, dan kami pasti mendukung,” pungkasnya.

Gagasan Nadiem itu kemudian oleh Ganjar ditawarkan kepada para peserta upacara. Mayoritas menunjukkan tangan dan berkata setuju atas gagasann itu. (lhr/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: