529 Kasus Penyebaran Covid Ditemukan di Pasar

BNews–NASIONAL– Kasus penyebaran Covid-19 lewat transmisi pasar semakin banyak. Hingga Jumat 12 Juni 2020, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat ada total 529 kasus COVID-19 di pasar seluruh Indonesia.

“Total kami mencatat per hari ini Positif COVID-19 di Pasar sebanyak 529 orang dan yang meninggal sebanyak 29 orang,” ungkap Ketua Bidang Keanggotaan DPP IKAPPI, Dimas Hermadiyansyah (12/6/2020).

Dimas menjelaskan dari data terbaru hari ini, diketahui ada tambahan kasus di pasar di Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 19 temuan.

“Kami DPP IKAPPI mencatat data kasus COVID-19 di pasar seluruh Indonesia adalah 529 ditambah laporan terbaru 19 temuan baru kasus COVID di Pasar Kebun Semai Sekip Palembang,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan banyaknya temuan kasus positif COVID-19 di Pasar tersebut; pihaknya sangat khawatir bila mata pencaharian 12 juta lebih pedagang pasar terganggu dan terancam hilang.

“Saya berharap pemerintah lebih serius untuk melakukam program penanganan COVID-19. Khususnya di pasar baik itu melalui program sosialisasi bahaya COVID-19, pelaksanaan protokol kesehatan yang baik,” harapnya.

Dimas menyampaikan mungkin bisa memberikan bantuan penyediaan masker maupun sanitizer untuk pedagang serta penyemprotan disinfektan secara rutin di saat pasar berhenti beroperasi.

Loading...
DOWNLOAD LAGU LAGU DIDI KEMPOT (KLIK DISINI GRATIS)

“IKAPPI sendiri sedang dan terus berikhtiar melakukan langkah-langkah koordinasi dan sinergi agar ada peran serta dari pihak lain untuk ikut bergotong-royong melawan COVID- 19 di pasar,” jelas dia.

Menurutnya kembali, banyak contoh pasar yang bisa dijadikan rujukan penerapan protokol kesehatan. Antara lain Pasar Bendo Trenggalek, Pasar Kota Salatiga, Pasar Raya Padang dan beberapa pasar lain di Indonesia.

“Kita berharap agar kita bisa bersama-sama menjaga agar pasar aman dan nyaman untuk dikunjungi. Maka penting ada kerjasama dengan semua pihak. Tidak hanya pengelola pasar, pemda, IKAPPI dan semua pihak bisa ikut membantu Melawan COVID- 19,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihak DPP IKAPPI akan terus memantau perkembangan data kasus di Pasar Tradisional sambil terus melakukan penyadaran kepada pedagang.

“Mereka harus sadar agar memperhatikan protokol kesehatan di Pasar dan tentunya kami tidak bisa melakukan ini sendiri. Sehingga perlu bantuan pemerintah dan stake holder yang lain agar tidak ada lagi kasus penyebaran COVID-19 di Pasar,” pungkasnya. (*/Ahg)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: