Aksi Unik Alfa Barbershop Berbagi kepada Anak Yatim di Ngluwar Magelang

BNews—NGLUWAR— Berbagi tidak harus dengan materi karena berdonasi bisa melalui kemampuan atau keterampilan yang Kita miliki. Itulah cara unik yang dilakukan Alfa Barbershop Muntilan kepada anak-anak yatim di Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. 

Puluhan anak dari Panti Asuhan Yatim Putra Utsman Bin Affan, Senin (18/1), dipotong rambutnya oleh tiga kapster (penata rambut). Para anak laki-laki itu terlihat bahagia saat dikunjungi kapster hingga dipotong rambutnya menjadi rapi.

Owner Alfa Barbershop Muntilan, Wildan Ramadhan menuturkan, aksi sosial ini merupakan kegiatan rutin yang dimulainya sejak Desember 2020. Minimal dilakukan sebulan sekali.

”Desember kemarin Kami melakukannya di musala baru, Khoiru Ummah, di Tambakan Semawung Muntilan. Sasaran jamaah dan anak-anak TPA,” tutur Wildan.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Bulan ini (Januari) dilanjutkan ke Panti Asuhan Yatim Putra Utsman Bin Affan Ngluwar. Dan InsyaAllah Februari besok Kami ingin berbagi ke anak-anak difabel/ SLB. Jadi pengennya setiap bulan ada kegiatan sosial,” imbuhnya.

Menurut Wildan, memotong rambut anak-anak yatim diakuinya sebagai ibadah karena tidak dipungut biaya sepeserpun. Bagi dirinya, berbagi tidak melulu dengan materi atau barang. Tetapi bisa dengan cara unik yang anti-mainstream.

”Kemampuan Kami, ya, dipotong rambut. Jadi Kami memanfaatkan keterampilan ini untuk berbagi dan membahagiakan mereka dengan cara Kami sendiri,” ungkapnya. Usai dipotong rambutnya, anak-anak juga diberi bingkisan.

Baca juga: Terinsiprasi Lockdown, Alfa Barbershop Muntilan Buka Layanan Datang ke Rumah

Sementara itu, Ketua Pengurus Panti Asuhan Yatim Putra Utsman Bin Affan, Suwondo, mengucapkan rasa syukur karena merasa terbantu dengan kehadiran Alfa Barbershop Muntilan. Selain merapikan rambut anak-anak tanpa harus keluar panti, juga bisa mengurangi dana operasional ditengah keterbatasan anggaran.

”Pangkas rambut bagi Kami adalah menghargai orang yang berjuang untuk memotong anak-anak. Kami selaku orang tua, mengucapkan banyak terima kasih dan sangat membantu panti,” ujarnya.

”Disamping itu, Kami mempunyai dorongan keyakinan dengan cara memberikan donasi dalam bentuk barbershop-nya, InsyaAllah dilapangkan oleh Allah melalui orang lain,” tambahnya.

Kembali diutarakan Wildan, dirinya membuka peluang bagi tukang cukur atau kapster yang ingin bergabung bersama dalam kegiatan sosial berikutnya. Atau lembaga sosial di Kabupaten Magelang yang ingin dikunjungi Alfa Barbershop Muntilan dan memberikan layanan potong rambut, gratis.

”Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi media sosial Instagram @alfabarbershopmuntilan dan telepon 08999893930. Atau datang langsung ke barber kami di Jalan Lettu Sugiarno No 24 Muntilan,” pungkas dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: