Anak Malas-malasan Saat Sekolah Online? Begini 6 Trik untuk Menyemangatinya

BNews—TIPS— Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Hal ini membuat banyak perubahan pada kehidupan, termasuk proses belajar mengajar anak yang dilakukan di rumah.

Sekolah online yang masih terus dilakukan, untuk mencegah risiko penularan anak terpapar virus corona. Namun, tidak dapat dipungkiri, kondisi ini menimbulkan rasa bosan yang bisa dialami oleh anak.

Rasa bosan melakukan belajar secara online kerap membuat anak menjadi lebih rewel dan menolak untuk sekolah. Jika sudah begini, sebaiknya orang tua cari tahu trik untuk menyemangati anak yang bosan sekolah online agar bisa menjalani proses ini dengan baik.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Dampingi Anak saat Sekolah Online

Saat anak menunjukkan tanda-tanda bosan akibat sekolah online, sebaiknya segera dampingi anak untuk memberikan semangat dan dukungan. Biarkan anak mengeluarkan emosi atau perasaan yang dirasakan anak. Dengarkan keluhan anak baik-baik.

Orang tua bisa mengajak anak untuk menenangkan diri terlebih dahulu dan menjelaskan pada anak manfaat menjalankan sekolah online. Berikan sentuhan maupun pelukan agar anak kembali semangat menjalankan sekolah online.

Optimalkan Waktu Istirahat Sekolah

Meskipun dilakukan secara online, masih ada waktu untuk beristirahat bagi anak-anak yang diberikan pihak sekolah. Nah, maksimalkan waktu ini dengan baik bersama anak.

Hindari memberikan gadget pada anak saat waktu istirahat sekolah. Orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan hal menyenangkan bersama agar anak kembali bersemangat saat masuk sekolah online.

Penuhi Kebutuhan Anak

Cara yang bisa dilakukan agar anak kembali bersemangat menjalankan sekolah online, yaitu dengan memenuhi kebutuhan anak, baik nutrisi serta istirahat. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik agar kesehatan anak tetap optimal.

Saat malam hari pun pastikan anak tetap tidur di jam yang sama dengan jadwal sekolah tatap muka. Hal ini dilakukan agar kebutuhan tidur dan istirahat anak terpenuhi dengan baik. Rasa bosan bisa disebabkan akibat kelelahan yang tidak diatasi dengan baik.

Siapkan Peralatan Sekolah yang Menarik

Orang tua bisa menyiapkan peralatan sekolah yang menarik untuk anak di rumah. Bisa membeli peralatan sekolah bersama anak dan biarkan anak memilih sendiri alat tulis kesukaannya. Dengan begitu, anak lebih semangat untuk melakukan sekolah online.

Luangkan Waktu untuk Berdiskusi

Jika anak sudah selesai melakukan sekolah online, orang tua bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan diskusi bersama anak. Tanyakan apa yang dirasakan dan diharapkan anak saat menjalani sekolah online.

Ayah/Ibu bisa mencari tahu kesulitan yang dihadapi anak saat sekolah online. Bantu anak untuk menemukan solusi di setiap kesulitan yang dihadapi saat sekolah online. Hal ini bisa meningkatkan semangat anak untuk kembali sekolah.

Berikan Apresiasi pada Anak

Saat anak mendapatkan hasil yang baik dalam ujian sekolah, tidak ada salahnya memberikan apresiasi pada anak agar anak tetap semangat menjalankan sekolah meskipun dilakukan secara online. (*)

Sumber: halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: