Indonesia Ditunjuk FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

BNews—OLAHRAGA— Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkap bahwa mulanya para pengurus PSSI tidak tahu bahwa akan ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah di event tersebut. Sebelumnya, FIFA menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia membuat Piala Dunia U-20 2021 ditunda dua tahun ke depan dan Indonesia tetap menjadi tuan rumah. Persiapan terus dilakukan oleh PSSI untuk merenovasi enam venue Piala Dunia U-20 2023.

Keenam venue itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Setelah renovasi selesai, FIFA tiba-tiba membatalkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Alasan FIFA saat itu karena ada beberapa masalah yang sedang terjadi di persepakbolaan Indonesia.

Kemudian dalam rapat FIFA pada Jumat (23/6), Konfederasi Sepak Bola Dunia itu tiba-tiba menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Indonesia akan menggantikan Peru yang sebelumnya mundur dari tuan rumah.

“Kami semua di kepengurusan PSSI sebenarnya juga tidak tahu ketika ada pembicaraan lebih dalam soal jadi tuan rumah. Kami hanya tahu ada rapat di FIFA tapi tidak tahu secara detailnya seperti apa,” kata Erick Thohir.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Erick Thohir menjelaskan bahwa ia sempat dikontak FIFA pada Jumat (23/6/2023) sore. Dalam pembicaraan itu, FIFA menawarkan apakah Indonesia siap menggantikan Peru menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Setelah itu, Erick Thohir langsung melaporkan tawaran FIFA ini kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Hasil pembicaraan dengan Jokowi sapaan akrab Joko Widodo, Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Kemarin (Jumat) sore saya dikontak (FIFA) apakah Indonesia bisa menjadi alternatif tuan rumah. Tentu saja saya harus melapor ini kepada pemerintah Indonesia karena pihak pemerintah harus hadir. Lalu semalam (Jumat) kira-kira jam 23.00 WIB, mereka (FIFA) mengucapkan selamat kepada kami,” kata Erick Thohir. (*)

Sumber: BolaSport.com.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!