Ini Penjelasan Pembangunan Bendungan di Mertoyudan

BNews—MERTOYUDAN— Pembangunan bendungan yang merupakan program pemerintah pusat mulai disosialisasikan kepada Masyarakat. Kali ini dua warga di Dusun Gadungan dan Semampir Desa Pasuruan Kecamatan Mertoyudan (5/9).

 

Bertempat di rumah Sekdes Pasuran, acara dimulai pukul 21.30 wib dengan dihadiri masyarakat serta Koordinator Konsultan Tim Larap Proyek Bendungan Mugammad Suryono Hendroyono.

 

Pihak konsultan melakukan sosialisasi ini sekaligus menjaring pendapat masyarakat terkait tentang dampak pembangunan bendungan. “Yang paling utama disampaikan justru adalah dampak negatifnya, meskipun ada pula dampak positifnya,” kata Suryono.

 

Dari beberapa pendapat negative dalam pertemuan tersebut, Suryono menyampaikan mulai dari kehilangan tempat tinggal, lahan dan mata pencaharian. “Hal ini dikarenakan lahan pertanian di Dusun Semampir terletak di pinggir sungai yang akan dibendung, yaitu Sungai Gending,” imbuhnya.

 

Suryono juga menambahkan, pihaknya menjaring masukan dari masyarakat untuk diberikan ke tim AMDAL dan pihak-pihak terkait lainnya, terutama dampak negatifnya. “Nantinya dalam proyek pembangunan Bendungan ini total daerah terdampak ada 43 dusun di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Mertoyudan, Borobudur dan Tempuran,” tambahnya.

 

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Saat ini tahapan identifikasi, tahap berikutnya dokumen AMDAL dibuat berdasarkan identifikasi. Untuk proses pengerjaan bangunan masih lama,” paparnya.

 

“Kami akan terus berupaya memfasilitasi agar timbul komunikasi yang bak dengan pemerintah melalui konsultan yang hadir tiap konsultasi, dengan harapan tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan akibat proyek tersebut,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: