Lama Terbengkalai, Pemkab Kulon Progo Lelang Pengelola Gerbang Samudraraksa

BNews—JOGJAKARTA— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo akan melelang pengelolaan Gerbang Samudraraksa yang menjadi pintu masuk ke kawasan Candi Borobudur di sisi selatan. Harapannya, pada awal 2022 sudah ada yang mengelola potensi wisata di perbatasan Kulon Progo-Magelang ini.

”Lelang ini akan terbuka, kepada pihak ketiga bisa mengajukan diri sebagai pengelola Gerbang Samudraraksa melalui lelang,” kata Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kulon Progo Zahram Asurawan, Rabu (6/10).

Sesuai nota kesepahaman antara Pemkab Kulon Progo dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIJ, pengelolaan fasilitas ini bisa dilakukan pemkab atau menggandeng pihak ketiga. Pemkab Kulon Progo telah memutuskan untuk pengelolaan akan dikelola dengan pihak ketiga.

”Lelang dilakukan pada November agar pada awal Januari 2022 sudah bisa beroperasi,” terangnya.

Pengelolaan Gerbang Samudera Raksa berada di bawah Dinas Kebudayaan Kulon Progo. Nantinya ada semisal unit pelaksana teknis (UPT) yang bekerja secara transparan.

Pendapatan dari destinasi ini akan dikelola dengan rekening khusus dengan pengawasan ketat. Hasil pengelolaan ini akan dipakai untuk membiayai operasional, seperti listrik, air, petugas keamanan dan perawatan bangunan.

Kepala BPPW DIJ Tri Rahayu mengatakan, pengelolaan bangunan sudah diserahkan kepada Pemkab Kulon Progo. Sedang aset bangunan masih menjadi milik Satker Pelaksana Prasarana Permukiman BPPW DIJ.

BPPPW berharap pemkab Kulon Progo mampu mengoptimalkan potensi bangunan yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah ini. Bangunan itu butuh perawatan, operasional dan petugas keamanan, agar bangunan bisa berfungsi dengan baik dan tidak mangkrak. 

”Potensi wisatawan sangat terbuka. Namun semuanya harus diperhatikan karena lokasinya rawan kecelakaan,” pungkasnya. (ifa/han)

Sumber: iNews

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: