Pasien Positif Melonjak di Kulonprogo, Ruang Isolasi Covid di Rumah Sakit Penuh

BNews–JOGJA– Kasus covid-19 di Kulonprogo Yogyakarta meningkat tajam dalam kurun waktu beberapa hari terakhir ini. Akibatnya dua rumah sakit rujukan dan satu tempat isolasi di kabupaten ini tak mampu lagi menampung pasien baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan dua rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Kulonprogo yakni RSUD Wates dan RS Nyi Ageng Serang, Sentolo.

“Keduanya sudah penuh. RSUD Wates yang berkapasitas 16 kamar sudah terisi oleh pasien baik yang terkonfirmasi positif maupun suspek. Pun demikian dengan RS NAS yang berkapasitas empat kamar,” katanya dikutip Harjo (13/9/2020).

Sementara, tempat isolasi khusus yakni Rumah Sunggah Teratai (RST) yang berlokasi di Kompleks RSUD Wates hampir memenuhi kapasitas. Dari 16 kamar kini hanya tersisa empat yang masih kosong.

Dengan kondisi tersebut, mau tidak mau gugus tugas harus mencari tempat isolasi baru. Salah satunya adalah memanfaatkan lantai kedua RST RSUD Wates.

Sepekan terakhir kasus Covid-19 di Kulonprogo menunjukkan tren peningkatan. Pada Jumat (11/9/2020) ada 10 penderita baru.

Sehari kemudian, tambah satu pasien, dan pada Minggu (13/9/2020) juga ada penambahan satu orang. Adapun akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 106 orang, dengan rincian 61 sembuh, 28 isolasi mandiri, 14 isolasi di rumah sakit dan tiga meninggal dunia.

Loading...

Kepada masyarakat Kulonprogo, Baning mengimbau untuk tetap di rumah. Jika terpaksa keluar rumah karena ada urusan penting, masyarakat harus menghindari kerumunan, jaga jarak; mengenakan masker dan tingkatan perilaku mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan handsanitazier.

“Saat ini perilaku itu adalah satu-satunya cara untuk terhindar dari penularan Covid-19 sampai dengan nanti vaksin ditemukan,” pungkasnya. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: