Diduga Kontak Erat 2 Pasien Positif Baru, Belasan Warga Magelang Diperiksa

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota Magelang langsung memeriksa sejumlah warga yang diduga berkontak erat dengan dua pasien positif covid-19 yang baru. Hal tersebut sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang dr Majid Rohmawanto menuturkan, setelah dua pasien terkonfirmasi positif pada 27 Mei 2020, pihaknya langsung memeriksa warga yang diduga berkontak erat di dua daerah asal pasien satu hari setelahnya (28/5).

”Warga yang kontak erat dan tinggal di sekitar pasien positif dari Kecamatan Magelang Utara ada sekitar 18 orang atau pun lebih. Mereka dibawa ke RS Budi Rahayu untuk diperiksa,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sejumlah ambulans digunakan untuk memfasilitasi warga yang akan diperiksa. Mereka diduga berkontak erat dengan pasien berusia 64 tahun dari daerah yang dinyatakan positif.

”Ambulans menjemput warga yang berkontak erat di daerah Karangwuni. Mereka kita fasilitasi angkutan agar lebih enak dan karena ada balita juga. Alhamdulillah, lancar. Komunikasi sudah sejak tadi malam,” papar Majid, Kamis (28/5).

Selanjutnya, anggota keluarga dari pasien yang positif juga sudah diperiksa. Saat ini mereka menjalani karantina mandiri di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan dan lama karantinanya hingga hasil ujinya keluar.

Sementara itu, anggota keluarga yang tinggal serumah dengan pasien positif lainnya, yakni bayi berumur sembilan bulan juga telah diperiksa. Ada empat orang yang berkontak erat dengan bayi tersebut.

”Karantina mandiri di rumah hingga hasilnya keluar dan warga yang kontak erat di daerah tersebut juga telah selesai dites,” imbuh Majid.

Tambahnya, kondisi kedua pasien positif covid baru saat ini dalam keadaan baik. Keduanya saat ini dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: